Sewa New Toyota Sienta
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Mobil Toyota Calya
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Beda Dengan Mobil Bbm, Mobil Listrik Tak Punya Ban Serep

14 Nov 2017

Beda dengan Mobil BBM, Mobil Listrik Tak Punya Ban Serep

 

 

 Mobil listrik dengan mobil berbahan bakar konvensional memang memiliki sejumlah perbedaan. Yang paling jelas adalah sumber tenaganya berbeda antara BBM dengan listrik. Namun ada lagi yang berbeda nih Otolovers yakni soal ban serep atau ban cadangan. 

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengatakan mobil listrik yang dijual di pasaran saat ini tak memiliki ban serep. Tentunya hal itu berbenturan dengan Undang-undang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan Nomor 22 tahun 2009 pasal 57 ayat 3. 

Dalam pasal tersebut berbunyi, setiap kendaraan bermotor yang dioperasikan di jalan wajib dilengkapi dengan perlengkapan kendaraan bermotor salah satunya adalah ban cadangan. 
 


Jika tidak siap-siap pengendara bakalan dikenai hukuman berupa pidana dengan kurungan paling lama satu bulan atau denda paling banyak Rp250 ribu.

"Teknologi electric vehicle itu ke depan nggak punya ban serep kan (ruang) ban serepnya itu dipakai untuk baterai, makanya regulasinya kita harus perbaiki sedikit," ungkap Airlangga di ICE BSD, Tangerang, Senin (13/11/2017). 
 

Beda dengan Mobil BBM, Mobil Listrik Tak Punya Ban SerepFoto: Dina Rayanti


Menurut Airlangga, aturan tersebut juga harus direvisi agar nantinya saat mobil listrik mulai beredar di jalanan Indonesia maka pengendara tak perlu khawatir mobilnya tak disertai ban serep. 

"Karena bagi Indonesia mobil tanpa ban serep itu nggak boleh di jalan mungkin itu hal sederhana yang harus kita perbaiki sebelum ini (mobil listrik) bisa kita luncurkan ke publik," pungkasnya. (dry/ddn)