Rental Sewa Suzuki Ertiga
Sewa Mobil Wuling Cortez
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Sewa Mobil Toyota Sienta
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Bobot Naik 20 Kg, Konsumsi Bbm Brio Tembus 20 Km/liter

09 Aug 2018

Honda Prospect Motor (HPM) telah memperkenalkan Honda Brio generasi terbaru di arena Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018. Selain tampangnya yang lebih baru, Honda Brio ini juga memiliki platform yang diperbarui.

Honda Brio terbaru ini lebih panjang 160 mm. Untuk wheelbase-nya pun panjangnya bertambah 60 mm. Hal itu diperlukan untuk menunjang ruang kabin baris kedua yang lebih lapang.

Large Project Leader All-new Brio, Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd., Tsutomu Harano, menyebut Honda Brio ini bobotnya bertambah. Penambahan bobotnya mencapai 20 kilogram (kg).

Meski bobot bertambah, Honda Brio diklaim tetap irit dan bertenaga. Keiritan bahan bakar turut menjadi fokus Honda dalam mengembangkan Brio terbaru. Sebab, Brio Satya, khususnya, harus memenuhi efisiensi bahan bakar tertentu agar lolos kategori LCGC.

"Di sini dalam melakukan pengembangan desain dengan bodi yang bertambah berat, tapi kami tetap bisa mengusahakan target konsumsi bahan bakar supaya tembus 1 liter bisa untuk 20 km sesuai regulasi LCGC," kata Harano di arena GIIAS 2018 di ICE, BSD, Tangerang.

Apa rahasianya? Menurut Harano, dengan bertambahnya bobot kendaraan tapi harus irit bahan bakar dan bertenaga, rahasianya ada di desain aerodinamika kendaraan.

"Untuk kali ini saat melakukan pengembangan kita mempelajari bagaimana mendapatkan aerodinamika yang baik. Dengan aerodinamika yang bagus, otomatis hambatan saat akselerasi lebih kecil sehingga performa tidak menurun dan kehematan bahan bakar bisa dicapai," kata Harano.

Honda Brio masih mengandalkan mesin 1.2 liter i-VTEC 4 silinder. Mesin i-VTEC 1.2L mampu menyemburkan tenaga hingga 90 PS/6.000 rpm untuk transmisi manual dan CVT. Torsi maksimum telah mencapai 110 Nm/4.800 rpm untuk transmisi manual dan CVT. Untuk efisiensi bahan bakar, Honda mengklaim Brio bisa mencapai 20,1 km/liter untuk manual, dan 20,3 km/liter untuk CVT.