Sewa New Toyota Sienta
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Mobil Toyota Calya
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Buah Manis Melatih Siswa Smk Jadi Pengusaha Bengkel

07 Dec 2017

Buah Manis Melatih Siswa SMK Jadi Pengusaha Bengkel

 

Sukses memberdayakan siswa-siswa SMK untuk merintis bisnis menjadi pengusaha Bengkel, mengantarkan PT Pertamina Lubricants mendapatkan penghargaan untuk program Corporate Social Responsibility (CSR) yang diprakarsai oleh Universitas Trisakti. Lewat kegiatan CSR 'Enduro Student Program' para siswa SMK terpilih dilatih keterampilan hingga kewirausahaan. 

Berkat upaya tersebut, Pertamina Lubricants menerima CECT (Center for Entrepreneurship, Change and Third Sector) Sustainability Award 2017 untuk kategori Holistic CSR sebagai 2nd Runner Up untuk program 'Enduro Student Program'. Program tersebut merupakan rangkaian kegiatan pelatihan dan kewirausahaan, khususnya perbengkelan roda dua, bagi siswa-siswi terpilih dari SMK Otomotif unggulan. 

Para siswa diberikan pendidikan perbengkelan roda dua dan magang atau bekerja di bengkel mitra yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan bengkel, kewirausahaan, lingkungan, serta perencanaan bisnis mandiri dan berwirausaha. Kini, sudah terdapat lima bengkel mandiri roda dua di Cilacap yang dijalankan langsung oleh generasi muda Indonesia.
 


"Enduro Student Program, yang sudah kami luncurkan pertama kali di Cilacap sejak tahun 2016, sudah menjadi program yang tidak hanya memotivasi generasi muda produktif untuk mandiri dan mau berwirausaha, namun juga telah mengedukasi dan mendorong motivasi bagi masyarakat sekitar," kata Fitri Erika, Corporate Secretary Pertamina Lubricants dalam keterangan tertulisnya, Rabu (6/12/2017). 

Sukses di Cilacap, lanjut Fitri, saat ini program kewirausahaan itu sudah dijalankan di wilayah lain di Jawa Timur dan Jawa Tengah. Para siswa terpilih dari beberapa SMK dilatih secara khusus untuk keterampilan perbengkalan hingga mendapatkan kesempatan magang di bengkel mitra perusahaan, serta diberikan pembekalan berwirausaha. 

"Kini program wirausaha ini sudah kami jalankan di berbagai wilayah operasional Pertamina Lubricants lainnya di Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Tuban dan Blora," ungkapnya. 

Menurutnya, dunia otomotif dan perbengkelan merupakan urat nadi dan darah dari pertumbuhan industri pelumas di Indonesia. Sebagai produsen pelumas nasional, peran bengkel dan mekanik khususnya, telah memberikan manfaat luar biasa bagi konsumen, pertumbuhan ekonomi negara, dan kemandirian masyarakat. 

Pertamina Lubricants percaya bahwa mengembangkan keahlian dan minat para tenaga muda produktif sangatlah penting untuk memajukan industri pelumas dan ekonomi masyarakat Indonesia secara menyeluruh.

"Kami berterimakasih kepada CECT atas penghargaan ini. Penilaian dari sisi akademisi merupakan hal yang penting bagi perkembangan CSR di Indonesia. Semoga Enduro Student Program bisa berkontribusi terhadap perkembangan generasi muda produktif di Indonesia dan dapat terus dikembangkan agar manfaatnya dapat lebih dirasakan," tutur Fitri. 

Sebagai informasi, penghargaan CECT Sustainability Awards 2017 diberikan kepada perusahaan-perusahaan yang telah menjalankan CSR se­cara holistik berdasarkan prinsip ISO 26000 (Standar Global Panduan Social Responsibility, yang telah di­se­pakati lebih dari 160 negara termasuk Indonesia.

Penghargaan diberikan langsung oleh Executive Director of CECT & Founding Director of MM-CSR Univesitas Trisakti Maria R. Nindita Radyati saat puncak penghargaan CECT Sustainability Awards 2017 di Hotel Pullman Central Park, Jakarta. 

Menurut Maria, di ajang pemberian penghargaan tersebut sudah digelar ketiga kalinya ini, terdapat 35 perusahaan yang mendaftarkan programnya. Penganugerahan CSR ini berdasarkan riset murni dan tidak berbayar. Penilaian terhadap perusahaan tersebut dengan menganalisa perusahaan dari berbagai aspek sustainability mulai dari Annual report, Sustanaibility report, dan informasi publik lain yang tersedia secara online. Dengan demikian, proses penilaian dilakukan secara obyektif.

Beberapa aspek dalam penilaian untuk penghargaan CECT Sustainability Award 2017 meliputi organizational governance, community development, environment, labour practice, human rights, dan business behaviour (fair operating practices and consumer issue). 

CECT mengharapkan kegiatan ini dapat mengedukasi, meng­inspirasi, dan mendorong perusahaan menjalankan bisnis secara bertanggung jawab dan berkontribusi pada pembangunan berkelanjuitan melalui CSR holistik.(ega/ddn)