Sewa New Toyota Sienta
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Mobil Toyota Calya
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Toyota Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Diecast, Dari Puluhan Ribu Sampai Jutaan Rupiah

12 Oct 2017

Diecast, dari Puluhan Ribu Sampai Jutaan Rupiah

 

 

 Jangan tertipu dengan foto di atas, itu bukan foto mobil asli, melainkan miniatur mobil atau yang dikenal diecast. Diecast sendiri ialah model replika dari suatu barang (dalam hal ini kendaraan) yang diproduksi menggunakan metode melalui proses melelehkan logam kemudian dituang untuk dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan. 

Di Indonesia, diecast ini biasanya dikeluarkan oleh Hot Wheels, Matchbox, dan banyak lagi. Harganya pun beragam mulai dari Rp 20 ribu hingga delapan digit bahkan lebih. 

Nah bagi Otolovers yang mulai ingin mengoleksi kendaraan dalam versi kecil, bisa nih untuk memulai hobi tersebut. Tapi ingat ya, jangan sampai kelewat batas meski harganya ada yang terjangkau.

"Bermain diecast itu butuh kesabaran. Bagi pemula, perhatikan dulu pasarnya apakah nanti bakal naik atau tidak, jangan buru-buru. Santai saja dan dimulai dari dimana yang dia suka. Jangan spending saja," kata kolektor diecast Andy Mulyadi kepada wartawan di Jakarta, Rabu (11/10/2017).

"Kalau orang yang main ini (diecast-Red) kan harapannya punya dia bernilai. Nah, perhatikan saja mana yang banyak peminatnya jadi sekali waktu mau dilepas atau dijual, pasti banyak orang yang cari," katanya lagi.

Sebagai informasi, mainan tersebut memiliki berbagai skala tergantung pada jenis dan ukurannya. Mulai dari yang terkecil yakni skala 01:12 dimana model yang sangat rinci dan yang sangat besar, skala 01:18, yang panjangnya sekitar 7 atau 8 inci, skala 01:36, 01:50, 01:55, hingga yang paling terkecil yakni 01:48.
 

Diecast motorDiecast motor Vespa Foto: Ruly Kurniawan



"Sekarang sih masih banyak yang bermain di JDM (Japanese Domestic Market) seperti mobil yang pernah ada di Indonesia tapi tak ada lagi atau edisi Ferrari yang kini tak diproduksi lagi oleh Hot Wheels. Tapi yang penting mulai dari hati dulu. Jangan ikut-ikutan," tambah Andy.

Nah untuk memfasilitasi para pecinta diecast, gelaran tahunan Indonesia Diecast Expo (IDE) kembali digelar di 2017 ini. Gelaran ke-4 dari IDE tersebut akan diselenggarakan pada 28 dan 29 Oktober mendatang di Balai Kartini, Jakarta Selatan.

Pameran ini disiapkan sebagai sebuah acara diecast terlengkap dan terbesar dengan berbagai kegiatan yang menonjolkan aspek kreativitas, hiburan, pendidikan dan kepedulian sosial.
 

Foto: Ruly Kurniawan



Tahun ini, tema Muscle Power menjadi pilihan untuk penyelenggaraan Indonesia Diecast Expo ke-4. Lebih dari 80 pelapak akan menjual diecast dan miniatur dari berbagai merek dan skala akan hadir sesuai dengan temanya yang mengacu pada mobil-mobil bermesin besar dengan tenaga yang buas.

"Tema ini dipilih karena mobil jenis ini sekarang sedang booming dan banyak penggemarnya di tanah air. Satu persatu mobil-mobil berjenis seperti ini perlahan mulai kembali bermunculan saat ini," ujar Ketua Panitia IDE 2017 Vero Sahetapy. 



(ddn/ddn)