Rental Sewa Wuling Cortez
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Sewa Mobil Toyota Sienta
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Ini Alasannya Datsun Cross Masih Pakai Mesin Mobil Murah

10 May 2018

Meski ingin mengubah image merek mobil murah lewat Cross dan menaikkan gengsinya, Datsun memang masih menggunakan mesin 1.2L milik dua mobil murahnya GO dan GO+. Namun pertanyaannya, kenapa Datsun tak sekaligus menyematkan mesin lebih besar misalnya 1.5L atau 1.6L seperti Datsun mi-Do yang ada di Rusia, agar kesan mobil murah benar-benar hilang.

 Masato Nakamura, Head of Datsun Indonesia mengatakan, mereka memiliki beberapa pertimbangan sendiri terkait keputusan tersebut. Mereka menyesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi pasar saat ini, terutama di Indonesia. “Kami harus melihat kebutuhan konsumen saat ini. Memang mesin yang lebih besar, punya tenaga besar dan akselerasi, tapi pada waktu yang sama, konsumen membutuhkan efisiensi bahan bakar,” ujar Masato, Kamis (3/5/2018).

“Selain soal efisiensi BBM, pertimbangan lainnya adalah soal harga jualnya di Indonesia,” kata Masato. Jadi, tutur Masato, mempertimbangkan soal performa mesin, efisiensi dan harga, keputusan yang diambil tim engineer yaitu menggunakan mesin yang ada.

 Namun dengan penyetelan ulang lagi ke arah lebih baik. “Jadi mempertimbangkan antara akselerasi dan power, hemat bahan bakar, juga harga, kemudian kami melakukan beberapa studi, akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan mesin yang ada, tapi dengan setelan yang berbeda,” ucap Masato.

 “Kami berikan paket lengkap, tak hanya mesin saja, tapi seperti ada penambahan CVT (sama dengan Nissan March generasi baru). Soal CVT sendiri, Nissan merupakan salah satu pemimpin teknologi CVT, dan yang ada di Cross ini merupakan adalah teknologi terbaru,” ujar Masato. Terkait dengan tenaga dan torsinya, mesin Cross transmisi manual sama dengan GO Panca dan GO+ di angka 68tk dengan torsi 104 Nm. Sementara untuk yang CVT tenaganya naik 10tk menjadi 78tk  sedangkan torsinya masih 104 Nm.