Rental Sewa Suzuki Ertiga
Sewa Mobil Wuling Cortez
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Sewa Mobil Toyota Sienta
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Ini Cara Aman Lihat Gps Saat Berkendara

24 Feb 2018

Ini Cara Aman Lihat GPS Saat Berkendara

 

Kini, teknologi sudah menjadi kebutuhan setiap manusia. Apalagi setelah meluncurnya fitur GPS untuk menunjukkan arah secara real time di telepon genggam. Karenanya, tak sedikit pengendara bergantung pada hal tersebut.

Namun tidak dimungkiri bahwa menggunakan aplikasi tersebut sembari berkendara akan berujung kecelakaan lalu lintas. Lantas bagaimana cara menggunakannya dengan aman?
 


 

Menjawab hal tersebut, salah satu trainer Rifat Drive Labs, Herry Wahyudi mengungkapkan triknya. Menurutnya, para pengguna dituntut harus menghapal jalan utama dengan cepat agar tidak terus-menerus melihat handphone ketika berkendara. 

"Pertama, kita harus mempunyai rencana dahulu atau trip journey. Ketika kita menggunakan Gmaps (Google Map-Red), usahakan lihat dulu itu sudah benar atau tidak posisi kita. Tepat tidak, pas tidak," ujarnya saat memberikan materi Coaching Clinic Safety Riding di Gedung Pusat PT Pertamina (Persero), Jakarta.
 



"Kalau sudah pas, perkecil dulu nih (tampilannya) dan lihat jalur utama. Hapalkan. Jalur utamanya dulu saja, jangan yang kecil-kecil (jalan pintas). Dari titik A ke B jalurnya seperti apa, apa yang akan dilalui, bagaimana kondisinya. Ketika kita sudah mendekati suatu patokan, baru lihat lagi, perbesar," tambah Herry.

"Jangan ketika berkendara kita lihat aplikasi itu, terkecuali ada yang dibonceng. Dia bisa deh mengingatkan," katanya lagi.

Karena, ketika berkendara sembari melihat aplikasi tersebut tentu konsentrasi akan pecah. Sehingga tidak jarang yang mampu menghindar dari kecelakaan.
 



"Tapi kalau sendiri, ketika kita ingin lihat aplikasi itu lagi usahakan berhenti. Turn over aja dulu. Karena kalau sambil berkendara itu bakal ganggu konsentrasi. Jangan gunakan sambil berjalan. Bisa-bisa nanti nabrak di depan, atau apalah," kata Herry.

Dia juga mengaku pernah mencoba hal tersebut. Ternyata, melihat handphone saat berkendara termasuk hal yang sangat rentan kecelakaan karena susah sekali untuk berkonsentrasi.

"Saya pernah mencoba seperti itu (melihat aplikasi saat motor tengah berjalan), itu bahaya sekali. Mengganggu konsentrasi. Lebih baik saya berhenti dulu sebentar dan hapalkan jalur utamanya. Kemudian jalan lagi. Jangan pernah bermain handphone saat berkendara, itu berbahaya sekali," tutup Herry. (ruk/rgr)