Rental Sewa Suzuki Ertiga
Sewa Mobil Wuling Cortez
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Sewa Mobil Toyota Sienta
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Jangan Korbankan Kendaraan Dengan Beli Bbm Murah

05 Dec 2018

Mengisi BBM kendaraan rupanya tak bisa sembarangan. Agar mesin kendaraan lebih awet, Otolovers disarankan untuk mengisi BBM sesuai dengan rekomendasi pabrikan. 

Jangan pula tergiur dengan BBM dengan harga lebih murah. Mungkin efek kerusakan mobil tidak akan terasa dalam waktu dekat melainkan di beberapa tahun ke depan. 

"Jangan mengorbankan kendaraan Anda dengan menggunakan bensin yang cenderung lebih murah. Perlu diperhatikan bahwa konsekuensinya adalah kerja kendaraan malah bisa menjadi tidak optimal dan justru Anda bisa mengeluarkan biaya yang lebih besar untuk melakukan perawatan ketika kendaraan rusak," ujar pebalap Rifat Sungkar. 

Bensin lebih murah biasanya beroktan lebih rendah daripada yang mahal. Biasanya para pabrikan juga menyarankan kadar oktan tertentu agar mobil awet. 

Pakar otomotif tidak menyarankan seseorang untuk melakukan downgrade BBMpada kendaraannya. Para ahli itu menyebut secara keuangan memang pengeluaran lebih hemat saat ini, namun efeknya baru terasa nanti. 

Dalam jangka pendek memang uang yang dikeluarkan Otolovers untuk membeli bensin bakalan lebih hemat. Tetapi harus diingat juga jangka panjangnya. Bisa-bisa mesin rusak dan biaya yang dikeluarkan berkali-kali lipat lebih besar. 

"Mobil akan mulai ngelitik. Suaranya mesin akan berisik dan akselerasinya tidak maksimal. Mobil tidak merespon sebagai mana mestinya," ujar salah satu pakar otomotif di Amerika Steven Lewis seperti dilansir Wral. s

Mengisi BBM dengan oktan lebih rendah daripada biasanya memang tidak dilarang hanya saja sebaiknya dihindari demi keawetan mesin. Mobil-mobil zaman now kebanyakan sudah didesain untuk meminum bahan bakar dengan oktan tinggi demi menunjang performa mesin. 

Tidak menggunakan bahan bakar dengan oktan sesuai dengan rekomendasi pabrikan juga membuat kerja mesin tidak maksimal. Itulah terkadang yang membuat efisiensi BBM tidak sesuai dengan data yang dikeluarkan pabrikan.

 

Nah buat kamu yang pakai mobil pribadi dan sewa mobil, apakah kamu suka beli BBM yang murah selama diperjalanan?