Sewa New Toyota Sienta
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Mobil Toyota Calya
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Jangan Remehkan Peran Penutup Pentil Ban

16 May 2018

Penutup pentil ban (valve cap) bagi sebagian pemilik kendaraan kerap diremehkan. Padahal, dalam rancang bangun kendaraan, benda seremeh dan sekecil apa pun dipastikan punya fungsi. Jamal, pemilik outlet pelek MdM sedikit berbagi perihal peran tutup pentil yang berhubungan dengan keselamatan berkendara.

Kotoran

Tutup pentil berfungsi mencegah kotoran. Debu, air, atau bahkan lumpur yang masuk ke daerah pentil dapat merusak katup dan berbagai peranti di dalamnya (termasuk per, penonjok kecil, dan sil karet).

Jika kotoran dibiarkan lama, dikhawatirkan timbul korosi yang menyebabkan katup bocor atau membuat sil karet getas. Alhasil, pentil akan rusak dan menimbulkan kebocoran halus. Karena tekanan angin ban sangat penting sehubungan dengan keselamatan berkendara. Bocor Fungsi lain adalah mencegah agar udara yang ada di dalam ban tidak keluar melalui celah kecil katup pentil.

Bahkan ketika pentil rusak pun, dengan adanya tutup, kebocoran masih bisa ditahan. Setidaknya proses pengurangan udara di ban tidak drastis.
Soal bahan dan model, dijelaskan tidak ada masalah. Paling penting adalah mencari tutup pentil yang atau pas dengan lubang (jika tutup pentil asli bawaan hilang).