Rental Sewa Suzuki Ertiga
Sewa Mobil Wuling Cortez
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Sewa Mobil Toyota Sienta
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Jarang Di Recall, Mobil Di Indonesia Kuat-kuat?

03 Dec 2018

Recall mobil umum dilakukan di negara-negara seperti Amerika hingga Eropa. Di luar negeri recall cukup sering dilakukan. Banyak merek yang rajin mengumkan kalau mobilnya di recall dan harus segera diperbaiki demi keselamatan para pengendaranya. 

Adanya recall berarti ada masalah pada mobil dan segera harus diperbaikki. Tapi berbeda halnya dengan Indonesia. Recall mobil justru terbilang jarang. Bahkan kalau recall mobil dilakukan di Indonesia, mobil sering dicap miring. 

Apakah itu menunjukkan kalau mobil di Indonesia kuat-kuat ya Otolovers? 

"Yang biasanya di recall itu kan berkaitan dengan safety. Nah, kalau diperhatikan di Amerika yang direcall berkaitan dengan safety seperti airbag. Nah di kita, spek-spek seperti itu kan nggak banyak," ungkap Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Motor Amelia Tjandra di Ambon. 

"Jadi bukan karena itu (mobil di Indonesia kuat). Di Daihatsu juga kita beberapa kali recall," lanjutnya. 

Menurut Amelia, fitur-fitur keamanan yang tersemat pada mobil-mobil di luar negeri berbeda dengan di Indonesia. Ia pun mengakui fitur-fitur mobil di Indonesia masih minim, tidak sebanyak di negara-negara Eropa atau Amerika. 

"Kalau mereka tuh item safetynya banyak. Recall itu pasti berkaitan sama safety, kalau nggak berkaitan sama safety pasti kita perbaikki," ujar Amel.

Di Indonesia, soal recall ini masih sering disepelekan oleh masyarakatnya. Masih jarang pemilik mobil yang mau memboyong mobilnya karena recall. Padahal hal tersebut dilakukan demi keamanan dan kenyamanan.