Rental Sewa Suzuki Ertiga
Sewa Mobil Wuling Cortez
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Sewa Mobil Toyota Sienta
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Kasus Kecelakaan Mobil Yang Terungkap Berkat Black Box

08 Nov 2018

Tak cuma pesawat terbang, mobil-mobil saat ini juga sudah memiliki alat perekam semacam black box atau kotak hitam. Di Amerika Serikat, black box wajib ada di mobil-mobil terbaru.

Di sana, alat yang berfungsi sama seperti black box disebut event data recorders(EDR). EDR ini melacak segala sesuatu ketika mobil terlibat kecelakaan

Dikutip dari The Boston Globe, black box di mobil juga telah mengungkapkan data kecelakaan yang melibatkan politikus yang merupakan mantan Letnan Gubernur Massachusetts, Timothy P. Murray pada 2011. Saat itu, ia mengemudi mobil Ford Crown Victoria 2007.
Seperti banyak mobil terbaru, mobil dinasnya dilengkapi dengan perangkat seperti kotak hitam yang menangkap data seperti kecepatan, posisi gas, dan rem.

Murray mengklaim tidak mengemudi dengan kecepatan tinggi dan mengenakan sabuk pengaman. Tapi fakta lain terungkap setelah kotak hitam di mobil diselidiki.

Polisi Negara Bagian Massachusetts mengungkapkan fakta bahwa Murray mengemudi dengan kecepatan 100 mil per jam (160 km/jam) tanpa mengenakan sabuk pengaman. Fakta itu terungkap setelah menyelidiki data pada blackbox atau EDR di mobil.

Polisi setempat menyebutkan, akselerasi mobil pada awalnya stabil. Namun, saat terjadi kecelakaan kecepatan malah bertambah.

Murray mengatakan bertanggung jawab atas kecelakaan itu. Menurutnya, mobil ngegas dengan sangat cepat tanpa pengereman di detik-detik sebelum kecelakaan.

Penyelidikan menunjukkan Murray mengemudi di kecepatan 75 mil per jam sebelum kecelakaan. Tapi, kakinya justru menginjak gas lebih dalam sehingga kecepatannya meningkat hingga 108 mil per jam sehingga menghantam batu dan terbalik dua kali.

Beruntung Murray keluar dari kecelakaan tanpa cedera. Padahal, mobilnya hancur akibat kecelakaan.