Sewa New Toyota Sienta
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Mobil Toyota Calya
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Kolaborasi Toyota-suzuki, Akankah Berimbas Ke Indonesia?

12 Jun 2018

Prinsipal Toyota dan Suzuki telah menjalin kerja sama. Imbas kerja sama itu Toyota dan Suzuki akan berbagi produk di pasar otomotif India.

Diberitakan sebelumnya, Toyota akan memproduksi dan menjual mobil yang dikembangkan oleh Suzuki di India. Selain itu, kedua perusahaan akan saling berbagi mobil. Misalnya, Toyota akan menjual mobil seperti Vitara Brezza dan Baleno dengan logo Toyota, dan Suzuki akan menjual Corolla berlogo Suzuki. Akankah kerja sama serupa berimbas juga ke Indonesia?

Wakil Presiden Direktur Toyota Astra Motor (TAM), Henry Tanoto, belum bisa memastikannya. Dia menyebut, sejauh ini belum ada perbincangan yang membahas kolaborasi Toyota dan Suzuki. Karena kerja sama itu menyangkut keputusan prinsipal Toyota dan Suzuki di Jepang.

"Sejauh ini yang saya tahu belum ada sih," kata Henry.

Dia menyebut, tiap negara memiliki kebutuhan terhadap produk mobil yang berbeda-beda. Begitu juga antara Indonesia dengan India yang akan menjalin bentuk kerja sama Toyota dan Suzuki di negara itu.

"Saya sih fokusnya bukan (kolaborasi Toyota-Suzuki) itu ke Indonesia. Tapi yang penting fokusnya Indonesia ini kebutuhannya seperti apa. Jadi kita tahu butuhnya apa dan gimana kita memenuhi kebutuhan customer di Indonesia," sebutnya.

Dilaporkan sebelumnya, Toyota dan Suzuki juga dikabarkan akan saling berbagi model berteknologi hybrid. Tiga model berbagi pertama antara Suzuki dan Toyota akan meluncur pada kuartal kedua 2019.

Kemungkinan, Vitara Brezza dan Baleno berlogo Toyota serta Corolla berlogo Suzuki akan memiliki desain yang dibedakan. Mungkin ada perubahan di bagian bumper, grille dan lampu.

Meski begitu, mesin dan sasisnya mungkin akan tetap sama. Model yang di-rebadge akan memiliki mesin dan transmisi yang sama dengan model aslinya.