Rental Sewa Suzuki Ertiga
Sewa Mobil Wuling Cortez
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Sewa Mobil Toyota Sienta
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Konsumen City Car Kini Pentingkan Fitur Keselamatan

15 Feb 2018

Konsumen City Car Kini Pentingkan Fitur Keselamatan

 

Kalau untuk di wilayah perkotaan, mobil mungil atau yang biasa disebut city car memang paling cocok dikendarai. Ukurannya yang kecil namun hemat BBM diyakini cocok untuk menerobos kemacetan di ibukota Jakarta. 

Semakin ke sini, bukan hanya hemat BBM dan ukurannya yang kecil saja menjadi pertimbangan konsumen saat ingin membeli city car. Melainkan juga fitur keselamatan menjadi salah satu bahan pertimbangannya. 

"Ada beberapa alasan kenapa konsumen suka beli city car. Bahan bakar, kenyamanan, performance, kemudian desain baik eksterior maupun interior, tapi ada permintaan baru. Customer city car sekarang mempertimbangkan adanya fitur keselamatan yang lebih baik dari sebelumnya," kata Executive Officer Research and Development ADM Pradipto Sugondo di Jakarta. 
 

Fitur-fitur keselamatan itu antara lain seperti pengingat sabuk pengaman di semua kursi, Isofix, hingga handsfree yang memudahkan pengendara saat akan mengangkat telepon. 

Meski begitu, popularitas mobil di segmen city car cenderung menurun. Itu terlihat dari data penjualan wholesales (dari pabrik ke diler) milik Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo). 

Penjualan city car cukup cemerlang pada tahun 2013. Kala itu Gaikindo mencatat ada 59.417 unit mobil di segmen city car terjual. Tapi dari tahun ke tahun jualannya cenderung menurun. Tahun 2014, penjualan city car hanya 44.555 unit, sementara 2015 36.416 unit, dan tahun 2016 terjual 22.434 unit, 

Namun, tahun 2017 penjualan city car kembali bergairah karena ada beberapa model baru yang diluncurkan, Tercatat 32.047 unit city car terjual. 

"Seperti kita ketahui pasar car low semakin kompetitif. Bisa dilihat di sini jumlah pemain yang tadinya hanya 8 di 2016, sekarang meningkat terus jadi 11. Dan pasarnya terus naik sehingga rata-ratanya tiap bulan ada 3.000 lebih pasar di city car," tutup Pradipto. (dry/ddn)