Sewa New Toyota Sienta
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Mobil Toyota Calya
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Mengenal 3 Mobil 'ndeso' Yang Siap Meluncur Bulan Agustus

13 Feb 2018

Mengenal 3 Mobil Ndeso yang Siap Meluncur Bulan Agustus

 

Jika tidak ada aral melintang, 3 mobil desa akan segera meluncur. Mobil itu adalah Wintor, Mahesa, dan KHS dari CV Karya Hidup Sejahtera. Mobilnya seperti apa saja sih?

1. Wintor
 

 

 


 

Mobil ndeso ini adalah buatan Astra, grup otomotif yang kuat di tanah air. Wintor diperkuat dengan mesin diesel bertenaga 10 hp dengan konsumsi solar 0,5 liter per jam. Mobil hanya bisa memuat 2 orang dengan daya angkut 400-500 kg.
 

Untuk menyalurkan tenaga tadi digunakanlah transmisi 3 percepatan dan 1 gigi mundur. Karena dipakai di pedesaan atau perkebunan, mobil hanya bisa menempuh kecepatan maksimal 30 km per jam.

86 Persen komponen lokal mobil sudah diproduksi di Indonesia. Saat ini Wintor telah digunakan sebagai alat angkut kelapa sawit di berbagai perusahaan perkebunan sawit di Indonesia.

Proses desain dan produksi Wintor saat ini dilakukan oleh Velasto Indonesia dengan kandungan komponen lokal mencapai 86%. Sebenarnya mobil sudah dijual sejak lama. Sejak tahun 2013, sudah ada 1.177 Wintor yang tersebar di berbagai lokasi di Indonesia dan mulai diekspor ke Malaysia. 

2. Mahesa
 

Mengenal 3 Mobil 'Ndeso' yang Siap Meluncur Bulan AgustusFoto: Ray Jordan/detikcom


Mobil ndeso ini buatan Kiat Motor. Seperti kita tahu, Kiat Motor merupakan pihak yang ikut berperan dalam pembuatan mobil Esemka di Solo. Setidaknya ada 3 tipe Mahesa yakni pikap double cabin, pikap single cabin dan pikap single cabin dek rata. Mobil diperkuat dengan mesin 650 cc berbahan bakar solar.

Jika jadi, kendaraan Mahesa itu nantinya akan dijual di kisaran Rp 60-70 juta.

3. KHS

KHS adalah hasil buatan CV Karya Hidup Sentosa. Otolovers mungkin mengenalnya dengan merek alat traktor Quick. Menperin Airlangga Hartarto akhir tahun lalu sudah mengunjungi pabriknya.
 

Mengenal 3 Mobil 'Ndeso' yang Siap Meluncur Bulan AgustusFoto: Kemenperin

 

(ddn/ddn)