Rental Sewa Wuling Cortez
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Sewa Mobil Toyota Sienta
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Mesin Diesel “euro 4” Fuso, Bakal Dirakit Lokal

14 Feb 2018

Colt Diesel di Pameran Otomotif Medan 2017.

 

 Indonesia akhirnya resmi akan meninggakan standar emisi Euro II, melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P.20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru Kategori M, N, dan O atau yang lebih dikenal dengan Standar Emisi Euro IV.

Di mana untuk mesin bensin akan berlaku efektif September 2018. Sementara untuk kendaraan diesel empat tahun ke depan atau di 2021, sejak Permen ditandatangai pada 10 Maret 2017.

Terkait dengan persiapan yang dilakukan, sebagai pemimpin pasar di segmen kendaraan komersial PT Krama Yudha tiga Berlian Motors (KTB) distributor resmi Mitsubishi Fuso Truck & Bus Corporation, mengakui kalau pihaknya sudah siapkan mesin Euro IV untuk Indonesia. Namun dirinya masih enggan mengungkapkan lebih jauh.

 

Truk ringan terlaris di Indonesia masih dipeggang Mitsubishi Colt Diesel.
Truk ringan terlaris di Indonesia masih dipeggang Mitsubishi Colt Diesel.(Yogi)

 

“Artinya sudah dalam proses ke sana. Pada 2021 saat sudah beralih ke Euro IV dimungkinkan kalau kami siap,” ujar Duljatmono, Direktur Sales & Marketing KTB, Senin (12/2/2018).

Baca juga : Tahun Politik, Fuso Optimistis Bisnis Mobil Komersial Tak Terganggu

Duljatmono menambahkan, saat ini proses persiapan teknologinya terus berjalan di dalam negeri. Jadi ketika sudah masuk tanggal mainnya, produk tinggal dikeluarkan.

“Kami prioritaskan untuk kedua prodik kita Light Duty Truck (LDT) dan Medium Duty Truck (MDT). Produknya tidak dari India, perakitannya dilakukan di Indonesia,” tutur Duljatmono.

“Terkait dengan rencana-rencana lain pada 2021, pastinya saya tidak tahu. Namun intinya, kami siap dengan produk baru yang complydengan Euro IV,” kata Duljatmono.