Rental Sewa Wuling Cortez
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Sewa Mobil Toyota Sienta
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Mitos Atau Fakta, Jalanan Beton Bikin Ban Cepat Aus?

16 May 2018

Ada anggapan di tengah masyarakat yang menilai ban mobil akan cepat aus jika melintas di jalan berkonstruksi beton. Sekedar mitos atau fakta, anggapan tersebut? Training and Product Evaluation Department Manager Bridgestone Indonesia Deni Arief Pribadi menjelaskan, jalan beton memiliki permukaan yang lebih kasar dibanding jalan aspal.

Di sisi lain, ban terbuat dari karet yang rentan terhadap gesekan. "Bisa jadi, kalau kendaraan sering melintas di jalanan beton akan menghasilkan gesekan yang lebih besar. Jadi cepat (aus) ya," kata Deni saat ditemui KOMPAS.com, di Karawang, Selasa (8/5/2018).

Namun demikian, Deni menyebut belum ada studi mengenai seberapa cepat keausan ban meningkat, saat digunakan di jalanan beton. Menurut Deni, jalanan beton bukan menjadi penyebab satu-satunya ban cepat aus. Sebab ada faktor lain, yakni gaya berkendara.
 

"Jangankan jalanan beton, di jalanan aspal juga kalau kita berkendaranya agresif akan cepat habis bannya. Sebab akan mudah ban bergesekan dengan aspal," ucap Deni.

Pendapat serupa juga disampaikan Marketing Product Development PT Gajah Tunggal Tbk Dodi Yanto.  Menurut Dodi, ban kendaraan yang sering dipakai melintas di jalanan beton juga akan cepat tergeruk jika kondisi tekanan anginnya kurang dan sarat muatan.

 "Kalau tekanan anginnya standar, kontaknya (gesekan permukaan ban dengan beton) tidak terlalu lebar. Tapi kalau tekanan anginnya kurang, bannya lebih cepat tergeruk karena kontak areanya lebih lebar," ucap Dodi.