news

03 Dec 2018

Mobil Jepang Kuat-kuat? Ini Faktanya

Mobil yang dilahirkan dari negara-negara tertentu memiliki ciri khasnya masing-masing. Misalnya mobil merek Eropa biasanya identik dengan desain mewah juga mobil Jepang dengan kekuatannya yang disebut-sebut membuatnya tahan lama. 

Hal itu pun diamini oleh salah satu produsen mobil Jepang, Daihatsu. Menurut Direktur Marketing PT Astra Daihatsu Amelia Tjandra, ketahanan akan mobil Jepang belum bisa ditiru oleh mobil-mobil Eropa. 

"Saya ngomong fakta, dahulu kala kita masih ngeluarin yang namanya Daihatsu Taft, ini dipakai di perkebunan karena jalannya. Bodinya kita tetap utuh paling rusak tuh makan tahun karat. tapi sampai saat ini Daihatsu Taft itu masih dicari orang," tutur Amelia saat berbincang dengan detikOto di Ambon. 

"Setelah kita stop mereka coba pakai mobil Eropa sebulan rontok bodinya, 6 bulan engine-nya rontok, itu kenyataan," sambung Amelia. 

Namun Amelia menutup kemungkinan soal menghadirkan mobil serupa dalam waktu dekat. Alasannya membuat hingga mengembangkan mobil baru di Indonesia produsen mobil harus rela menggelontorkan biaya yang tidak sedikit. 

"Nah sekarang Taft dicari orang dibangun lagi supaya di perkebunan, saya tuh ditanya bisa nggak bikin lagi. Bukannya nggak mau yang saya bilang tadi Rp 2 triliun pasarnya nggak banyak mobil seperti itu," pungkasnya.

Mobil buatan Jepang lebih dikenal dengan keandalannya. Tak cuma itu, mobil-mobil Jepang juga dinilai memiliki umur panjang. Mobil Jepang diklaim bandel kalau bicara durabilitasnya. Sudah tahan lama, mobil Jepang tak membutuhkan perawatan khusus seperti halnya mobil buatan negara-negara lain. 

Kalau dirawat dengan baik, mobil-mobil Eropa juga sebenarnya bisa tahan lama mirip dengan mobil Jepang. Ditambah dengan desain mewah, menjadi bonus tersendiri buat yang mengendarainya. 

Bicara soal efisiensi BBM, mobil-mobil buatan Eropa juga dikenal lebih boros dibandingkan mobil Jepang. Tapi borosnya BBM itu dibayar dengan performa mesin yang lebih baik. Jadi bagaimana Otolovers pilih mobil Jepang atau Eropa?


Latest News