Rental Sewa Suzuki Ertiga
Sewa Mobil Wuling Cortez
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Sewa Mobil Toyota Sienta
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Mobil Warna Hitam Haram Melintas Di Sini

12 Jan 2018

Mobil Warna Hitam Haram Melintas di Sini

 

 Warna mobil biasanya menjadi salah satu pertimbangan seseorang ketika hendak membeli mobil. Tapi tidak di Turkmenistan. Di sana, warna mobil bukan ditentukan si pemiliknya melainkan oleh Presiden. 

Jika sebelumnya ia pernah mengeluarkan aturan untuk menyetop impor mobil yang berwarna hitam pada 2015 silam, awal tahun 2018, Presiden Turkmenistan Kurbanguly Berdymukhamedov, justru melarang seluruh mobil berwarna hitam melintas. 

Melansir Chronicles of Turkmenistan, Rabu (11/1/2018), awal tahun ini banyak pemilik mobil yang harus rela kehilangan mobilnya karena warnanya yang hitam. Mobil berwarna hitam ditarik oleh pihak kepolisian setempat. 
 

Untuk menebusnya kembali, si pemilik mobil harus menandatangani perjanjian bahwa ia siap mengecat mobilnya dengan warna yang lebih terang. Warna putih paling disarankan karena dianggap bisa membawa keberuntungan untuk negara tersebut. 

Selain itu warna putih juga disebut sebagai warna favorit Kurbaguly yang percaya akan takhayul.

Aturan ini membuat bengkel pengecatan mobil kecipratan untung. Harga mengecat mobil di sana naik dua kali lipat karena adanya aturan baru ini. Jika sekarang biaya mengecat mobil dikenakan US$ 500 atau setara dengan Rp 6,7 jutaan maka sekarang biayanya melonjak menjadi US$ 1.000 yang kalau dirupiahkan sekitar Rp 13,4 juta. (dry/rgr)