Sewa New Toyota Sienta
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Mobil Toyota Calya
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Pabrik Kelapa Sawit Belajar Ilmu Pelumas

12 Aug 2017

Pabrik Kelapa Sawit Belajar Ilmu Pelumas

Pabrik Kelapa Sawit Belajar Ilmu Pelumas

Jakarta - PT Pertamina Lubricants memberi pelatihan kepada pabrikan kelapa sawit PT Bumitama Gunajaya Agro (BGA Group). Pelatihan itu membahas soal analisis pelumas (oil analysis) dan pengetahuan mengenai lubrikasi.

Dalam rilis yang diterima detikOto, Jumat (11/8/2017), pelatihan ini disampaikan oleh technical specialist dari Integrated Lubrication Management Academy (ILMA) milik Pertamina. 

Oil analysis adalah pengecekan kondisi pelumas yang sedang digunakan. Layaknya cek darah pada manusia, oil analysis dapat memberikan informasi kondisi mesin dan abnormalitas sistem/equipment dalam bentuk data. 

BGA group juga belajar soal sistem pelumas dan pelumasan. Selain itu juga soal aplikasi pelumas per equipment seperti aplikasi pada engine, hydraulic, transmisi, dan sebagainya.

"Saat ini BGA group menaruh fokus besar terhadap industri upstream dan hadir secara menyeluruh untuk mendukung kebutuhan nasional di berbagai wilayah di Indonesia seperti di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah dan Riau," ujar Commercial Purchasing Logistic Group Department Head Johan Puspowidjono.

Johan mengatakan BGA Group memiliki 13 Mill pabrik pengelolahaan kelapa sawit, dan senantiasa terus berinovasi dan mencari mitra strategis untuk mendukung cost efficiency dengan kualitas terbaik. Salah satunya adalah dengan penggunaan pelumas bermutu untuk kegiatan operasionalnya. 

"Selain membesarkan industri kelapa sawit baik secara nasional maupun internasional, BGA group juga mendukung kesejahteraan masyarakat sekitar dengan pembangunan kemitraan Plasma perkebunan kelapa sawit," kata Johan.

Kerja sama ini langkah strategis jangka panjang PT Pertamina Lubricants mendukung kebutuhan konsumen industri. Kerja sama ini juga menjadi komitmen untuk mendukung pertumbuhan industri pengelolahan kelapa sawit di Indonesia. 

Saat ini, Indonesia telah menjadi produsen minyak sawit terbesar di dunia. Hal tersebut merupakan sebuah tantangan besar untuk membangun ekonomi indonesia dalam pesatnya perkembangan ekonomi global saat ini.

Pertamina Lubricants berperan aktif dalam inovasi produk industri sesuai dengan perkembangan mesin dan teknologi serta mengedepankan layanan purna jual untuk konsumen. Hal itu meliputi oil monitoring, fasilitas laboratorium, dan pengecekan rutin, dan in House training pelumas dan pelumasan.

Produk-produk pelumas industri yang digunakan oleh PT Bumitama Gunajaya Agro mencakup lebih dari delapan produk unggulan Pertamina. Produk itu adalah Meditran S, Meditran SX, Rored HDA, Masri RG, Turbolube, Turalik, Gemuk Pertamina, dan Pertamina FG-HO (Foodgrade) yakni pelumas khusus untuk pengolahan industri pangan di Indonesia dan satu-satunya pelumas yang bersertifikasi halal di Indonesia. (ega/ddn)