Sewa New Toyota Sienta
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Mobil Toyota Calya
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Pelajari Aturan Isi Air Aki Pada Mobil

11 Jan 2018

Ilustrasi perawatan aki pada mobil

Pemilik mobil mungkin masih ada yang belum tahu tentang bagaimana cara mengisi air aki tipe basah. Jangan khawatir, sebab cukup mudah, tidak perlu ke bengkel karena bisa dilakukan sendiri di rumah.

Tetapi ingat, ketika membeli dan mengisi air aki jangan sampai salah. Sebab, terdapat dua pilihan, atau sering dikenal dengan botol merah dan biru.

General Repair Service Manager PT Toyota Astra Motor (TAM) Iwan Abdurahman menjelaskan, kemasan warna merah dikenal dengan Accu Zuur. Isinya H2SO4, asam sulfat.

“Ini untuk mengisi aki baru yang kosong belum ada air nya,” ucap Iwan kepada KompasOtomotif akhir pekan lalu melalui pesan singkat.

Baca juga: Salah Kaprah soal Aki Kering dan Basah

Sementara itu, botol biru berisi H2O atau air murni. Cairan ini yang biasanya digunakan untuk mengisi air aki yang sudah berkurang. Setiap aki terdapat tanda batas maksimum dan minumun air.

“Jangan menambahkan air aki pake botol merah, nanti kadar H2SO4 nya jadi naek dan akan menurunkan performa aki itu sendiri,” kata Iwan.

Lantas, kapan waktu yang tepat mengisi air aki tersebut? Lanjut Iwan tidak ada aturan baku, yang penting patikan kondisi mesin sedang tidak menyala.

Nah, jadi jangan sampai Anda salah mengisi air aki. Semoga tips berikut ini bisa menjadi referensi untuk kemudian dipraktikan di rumah.