Sewa New Toyota Sienta
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Mobil Toyota Calya
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Toyota Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Polisi: Pakai Lampu Strobo Putih, Tetap Tilang

12 Oct 2017

Polisi: Pakai Lampu Strobo Putih, Tetap Tilang

 

 

 Kepolisian mulai merazia kendaraan yang menggunakan lampu strobo/rotator. Bahkan dalam pantauan detikOto, plang elektronik yang terpampang di beberapa ruas tol di Jakarta digunakan sebagai media informasi untuk kepada pengendara, siapa saja yang menggunakan strobo akan ditindak.

Lalu bagaimana dengan penggunaan lampu strobo atau rotator yang berwarna putih ya? Apakah akan ikut ditindak juga, mengingat pada pasal 59 UU No.22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan, hanya mengatur 3 warna lampu, merah, biru dan kuning.

Kakorlantas Polsi Irjen Royke Lumowa kembali menegaskan pihaknya tetap akan menindak pengendara pribadi yang menggunakan lampu strobo/rotator akan ditindak meski warna lampu tersebut berwarna putih.

"Warna putih juga tidak boleh. Dia kenanya bukan di pelanggaran rotator tapi pelanggaran lampu-lampu," tegas Royke kepada detikOto.

Royke juga menambahkan berdasarkan undang-undang lampu-lampu kendaraan, semuanya telah diatur mengenai lampu dan penempatannya.

"Di Undang-undang lampu-lampu itu sudah baku apa aja dan dimana letaknya," tambah Royke.

Sebagai catatan, polisi sudah beberapa kali menilang pengguna mobil yang menggunakan strobo atau rotator, namun sayangnya masih banyak pengguna kendaraan yang menyalakan rotator untuk meminta jalan kepada pengguna jalan lainnya.

Mereka seolah-olah berlagak jadi petugas sehingga membuat pengendara lain jadi takut dan memberikan jalan. Ada yang cenderung memaksa sehingga bisa menyebabkan kecelakaan. Lampu pun masih dijual bebas di pasaran. (lth/ddn)