news

11 Jan 2019

Selain Avanza, Toyota Juga Kenalkan Mobil Otonom Tahun 2019

Dunia otomotif Indonesia tengah heboh dengan rencana peluncuran Avanza 2019 yang semakin dekat, mobil sejuta umat ini rencananya bakal dikenalkan pada pertengahan bulan Januari 2019. 

Dalam waktu yang hampir bersamaan, di Amerika, Toyota akan memperlihatkan mobil yang lebih canggih dari Avanza yakni mobil otonom TRI-P4 di Consumer Electronic Show (CES) pada 14 dan 15 Januari mendatang.

Toyota Research Institute (TRI) memperkenalkan P4 yang masih jadi prototipe dengan basis sedan Lexus LS generasi kelima. "Pengembangan difokuskan pada sistem otonomi penuh, di mana manusia tak perlu lagi mengemudi, baik sepenuhnya di semua lingkungan, atau dalam domain mengemudi terbatas," kata Senior Vice President TRI Ryan Eustice.


Lebih lanjut, ia mengatakan pengembangan mobil otonom saat ini tidak sepenuhnya untuk mengganti peran manusia di balik kemudi. P4 dibangun dari sasis dan teknologi kontrol kemudi generasi baru, sehingga dikatakan dapat memberikan kelincahan yang lebih besar dan memungkinkan untuk manuver yang lebih responsif dan lebih halus selama mengemudi otomatis.

Toyota mengatakan P4 akan memasuki produksi musim semi ini, dan kemudian akan menuju ke program pengujian mengemudi otomatis Guardian dan Chauffeur. 

Dari sisi keamanan, P4 disematkan dua kamera tambahan untuk meningkatkan kewaspadaan situasional pada sisi dan dua sensor pencitraan baru - satu menghadap ke depan dan satu menunjuk ke belakang - yang dirancang khusus untuk kendaraan otonom. 

Dengan daya komputasi yang lebih besar, sistemnya dapat mengoperasikan lebih banyak algoritma pembelajaran mesin secara paralel untuk pembelajaran yang lebih cepat.


Sistem ini dapat memproses input sensor lebih cepat dan bereaksi lebih cepat terhadap lingkungan sekitarnya. Semua daya sistem komputasi sekarang diambil dari baterai hibrida kendaraan dengan baterai 12V kini hanya berfungsi sebagai cadangan.

Sistem radar telah dioptimalkan untuk meningkatkan ruang pandang, terutama untuk deteksi jarak dekat di sekeliling kendaraan. Sistem penginderaan LIDAR dengan delapan kepala pemindaian pengembangan dari model uji sebelumnya, Platform 3.0, namun dibawa ke dalam desain kendaraan baru.

 

Untuk kamu yang akan pergi liburan dan ingin rental mobil Toyota Avanza, Innova, dll dapat menghubungi Rent Jennete. Pergi berkendara aman dan nyaman dengan beragam pilihan sewa mobil dengan harga terjangkau. 


Latest News