Sewa New Toyota Sienta
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Mobil Toyota Calya
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Sokonindo Ingin Hapus Stigma Buruk Merek China Di Indonesia

10 May 2018

Merek mobil asal China mulai meramaikan industri otomotif di Indonesia. Kini, ada dua, yaitu Wuling Motors dan PT Sokonindo Automobile, yang sama-sama memiliki pabrik perakitan di Tanah Air. Wuling Motors, bermain disegmen low multi purpose vehicle (LMPV) dan multi purpose vehicle (MPV).

Model yang ditawarkan, yaitu Confero mengisi kelas mobil sejuta umat, dan Cortez disiapkan untuk bersaing dengan Toyota Innova dan sejenisnya. Sementara, Sokonindo Automobile bermain di dua segmen juga, tetapi berbeda dengan Wuling. Sokonindo memulai di pasar komersial dengan meluncurkan pikap, dan yang terbaru disegmen sport utility vehicle (SUV) Glory 580, sebagai pesaing Honda CR-V.

Alexander Barus, CO-CEO PT Sokonindo Automobile mengatakan, dulu merek China sudah banyak mencoba peruntungan di pasar otomotif nasional, mulai sepeda motor hingga mobil, tetapi tidak sukses dan membuat luka buat masyarakat Indonesia.

 "Dulu mereka datang tidak sukses, dan menimbulkan kesan buruk buat masyarakat Indonesia, sehingga dianggap kurang berkualitas dan lain sebagainya. Tetapi kini kami ingin mencoba mengobati luka itu," ujar Alexander belum lama ini di kawasan Jakarta Selatan. Alex, panggilan akrab Alexander menjelaskan, dulu yang dilakukan merek China di Indonesia sudah salah. Misal, tidak memperkuat jaringan penjualan dan servis sampai akhirnya para konsumennya ditelantarkan begitu saja.

"Kalau sekarang ini, kami akan terus memperluas jaringan penjualan dan bengkel. Target kami punya 80 diler di seluruh Indonesia," kata Alex.

 Bukan hanya itu, melalui DFSK Glory 580 juga sekaligus menjadi ajang pembuktian bahwa sekarang ini merek China punya kualitas yang sangat bagus, bahkan dengan fitur berlimpah dapat menawarkan harga relatif lebih terjangkau buat konsumen.

 "Pabrik kami juga sudah menggunakan tenaga robot, dan bicara mengenai kualitas, kita akan selalu tingkatkan lagi agar masyarakat sekarang bisa menilai beda merek China sekarang dengan yang dulu," ucap Alex.
 

Alex mengakui bahwa tugasnya ini cukup berat, dan membutuhkan waktu cukup lama. Tetapi, melihat respon dari pengunjung Indonesia International Motor Show (IIMS) 2018 positif, semakin meningkatkan rasa percaya diri Sokonindo bersaing dengan merek lain. "Kita optimistis, untuk Glory 580 ini bisa terjual sektiar 15.000 unit sampai akhir tahun ini. Responnya ternyata cukup bagus, dan kami akan lanjutkan semuanya," ujar Alex.