Rental Sewa Suzuki Ertiga
Sewa Mobil Wuling Cortez
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Sewa Mobil Toyota Sienta
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Sulitkah Rawat Mobil Hybrid?

03 Dec 2018

Teknologi kendaraan bermotor saat ini sudah semakin ramah lingkungan. Ke depan, mobil bertenaga listrik menjadi barang yang lumrah.

Sebelum menuju era mobil listrik sepenuhnya, saat ini pabrikan otomotif sudah menyiapkan teknologi yang pas, yaitu kendaraan hybridMobil hybrid merupakan mobil bertenaga listrik yang masih didukung mesin bakar.

Yang paling terkini adalah teknologi plug-in hyrbrid, yaitu mobil hybrid yang baterainya bisa diisi ulang dengan cara dicolok (dicas) pada sumber listrik di rumah. Mobil plug-in hybrid juga bisa dijalankan hanya dengan motor listrik, sementara mesin bakarnya bisa dinonaktifkan.

BMW Group Indonesia saat ini sudah menjajakan mobil plug-in hybrid, dalam bentuk BMW i8. Sulitkah merawat mobil hybrid seperti BMW i8?

Vice President Aftersales BMW Group Indonesia Ariefin Makaminan, menyebut sebetulnya perawatan mobil hybrid tidak jauh berbeda dengan mobil konvensional pada umumnya. Malah, mobil listrik perawatannya lebih mudah.

"Yang penting jaga baterainya aja sih. Tapi kita baterai aja digaransi 8 tahun, untuk i8 dan i3," kata Ariefin.

Melakukan servis rutin di BMW i8 pun tak sulit. Kalau mobil butuh diservis, maka akan ada indikator yang menyarankan pemilik kendaraan untuk segera ke bengkel.

"Kalau di BMW itu kan condition by service. Jadi berdasarkan kondisi. Ketika di-start mobil kan di situ ada informasi servis sekian kilometer lagi. 12.000 km lagi harus ganti oli, jadi kita harus berdasarkan informasi dari situ saja," ujarnya.

Tak sulit pula merawat komponen motor listrik di mobil hybrid seperti BMW i8. Karena motor listrik tak perlu perawatan khusus seperti mesin bakar yang perlu ganti oli dan sebagainya.

"Motor listrik nggak perlu. Kalau ada kerusakan pasti ada di display. Ada apa pun di-display itu akan keluar," ucap Ariefin.