Rental Sewa Suzuki Ertiga
Sewa Mobil Wuling Cortez
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Sewa Mobil Toyota Sienta
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Tes Performa Honda Cr-z Versi Mugen

12 Jan 2018

Honda CR-Z hasil rumah modifkasi Mugen yang dijual hanya 300 unit

CR-Z versi Mugen punya tampilan sportdengan penambahan identitas rumah modifikasi andalan pabrikanHonda. Otomatis parasnya pun terlihat sporty dan dinamis.

Kreativitas Mugen dalam meracik varian terbatas tersebut tak sebatas tampilan. Merek yang sudah identik dengan aroma kecepatan dan performa tersebut ikut mengutak-atik jantung pacu hatchback hibrida tersebut.

CR-Z versi reguler hanya bermodalkan tenaga 135 tk. Daya tersebut berasal dari mesin 1.5L yang berkolaborasi dengan motor listrik Integrated Motor Assist (IMA).

 

Honda CR-Z Mugen dilengkapi dengan supercharger dan punya tenaga 176 tk
Honda CR-Z Mugen dilengkapi dengan supercharger dan punya tenaga 176 tk(cardriverblog)

Nah, untuk versi Mugen yang hanya diproduksi 300 unit ini tenaganya mencapai 176 tk. Penambahan tenaga 41 tk itu merupakan suplai dari supercharger. Akselerasi yang dicapai saat tes menggunakan race logic, 0 - 100 kpj adalah 6,9 detik (mode sport, menggunakan bensin RON 92).

 

[Baca juga : Review Perbedaan Tampilan CR-Z Reguler dengan Versi Mugen]

Pilihan mode

Sama dengan versi standar, CR-Z Mugen dilengkapi dengan mode pengendaraan Eco, Normal dan Sport. Plus tombol S+ yang ada di stir untuk mempercepat akselerasi dalam 5 detik. Fitur tersebut bisa digunakan dengan syarat kondisi baterai terisi lebih dari 50 persen.

Karena tergolong mobil hybrid, dalam kondisi normal harian yang cukup macet, efisiensi BBM cukup moderat untuk model hibrida paralel, yaitu 13,0 kpl.

 

Mode pengendaraan variatif milik Honda CR-Z MugenMode pengendaraan variatif milik Honda CR-Z Mugen
Mode pengendaraan variatif milik Honda CR-Z Mugen(KompasOtomotif - AFH)

Stabilitas

 

Bukan hanya performa mesin saja yang ditingkatkan, Mugen juga memodifikasi kaki-kaki. Suspensi model adjustable 5 way cukup memberikan sensasi rigid (kaku) saat bermanuver dan melakukan zig zag.

[Baca juga : Honda CR-Z Punya Banyak Fans di Indonesia]

Ada efek lain yang muncul akibat penggunaan suspensi model itu yakni ayunannya jadi keras. Namun untuk kategori mobil sport setelan yang diberikan Mugen pada CR-Z ini cukup moderat.

Ban profil tipis yang membalut pelek R17 memang menimbulkan efek agak keras ketika melewati lubang atau jalan tidak rata. Itu juga termasuk konsekuensi dari cita rasa mobil sport.

 

Honda CR-Z Mugen GT tampil di GIIAS 2016.
Honda CR-Z Mugen GT tampil di GIIAS 2016.(HPM)

Stabilitas yang baik pada model ini ternyata jadi pertimbangan Honda untuk menurunkan CR-Z dalam ajang balap bergengsi Super GT di Jepang.