Sewa New Toyota Sienta
Sewa Mobil Honda BRV
Rental mobil Nissan Xtrail
Rental Mobil Toyota Calya
Sewa mobil Kia
Rental sewa mobil Innova
Rental Mobil Fortuner
Rental Mobil Mercedes E Class
Sewa Hiace
Rental Mobil New Camry
Sewa Alphard
Rental Mobil New CRV di Jakarta
Sewal Hyundai H1
Rental Mobil Honda Mobilio
Rental Mobil Nissan Evalia

Wuling Belum Bisa Pakai Mesin Buatan Indonesia

16 May 2018

Walaupun dirakit secara lokal, tidak semua mobil Wuling terbuat dari komponen buatan dalam negeri. Masih ada beberapa komponen yang didatangkan utuh dari China. Mesin salah satunya.

Wuling mengaku untuk membuat mesin di Indonesia, dibutuhkan investasi lebih besar serta butuh beberapa penyesuaian.

"Bukan belum bisa, itu kan ada justifikasi kalau mau rakit di sini. Kalau bikin engine nggak hanya ngerakit, tapi ada casting plant. Jadi harus punya engine plant sendiri. Nah untuk bikin itu power train, investasi cukup mahal," ucap Senior Director Manufacturing Wuling Motors Indonesia Arif Pramadana di pabrik Wuling, Cikarang, Jawa
Barat.

 


Bukan hanya investasi nih Otolovers. Wuling juga harus memastikan kalau volume jualannya di Tanah Air sudah memenuhi kapasitas produksi pabrik Wuling di Cikarang sebanyak 120 ribu per tahun. 

"Harus dijustifikasi benar-benar, apakah volume indo itu memadai atau tidak. Paling tidak penjualan harus 120 ribu per tahun," lanjutnya.

 


Selain mesin, komponen baja juga didatangkan seluruhnya dari China. Arif menambahkan perusahaan baja RI belum ada yang sanggup membuat baja untuk sebuah mobil.

"Kalau dilihat juga ATPM masih sebagian besar dari Korea dan sebagainya. Sekarang gini yang paling banyak dilokalkan saat ini adalah body part. Jadi yang steel material. Ini yang paling banyak, karena kalau import itu mahal. Jadi most body akan dilokal," pungkas Arif.