news

02 May 2015

Berita Sewa dan Rental Kendaraan

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ada Perbaikan Jalan

 

5 Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Ada Perbaikan Jalan

Jakarta - Perbaikan jalan, terutama di daerah perkotaan jelas merupakan problematika tersendiri. Tidak hanya bagi para pengguna kendaraan pribadi, tapi angkutan umum pun ikut merasakan dampaknya.

Perbaikan jalan sendiri memiliki efek yang positif, yaitu tujuan yang jelas, membuat jalan yang buruk menjadi lebih baik dan bisa diakses dengan nyaman serta cepat oleh para pengguna jalan.

Berikut ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat menemui jalan yang sedang dibenahi, dengan adanya tips-tips ini semoga para pengguna jalan bisa sampai di tempat tujuan dengan lancar.

img

1. Jarak

Saat perbaikan jalan dilakukan, akan ada dua hal yang muncul yaitu; kepadatan dan kemacetan lalu lintas. Maka dari itu, hal yang harus diperhatikan saat melalui rute-rute yang diperbaiki adalah jarak kendaraan satu dengan yang lain. Situasi rumit akan dihadapi pengendara mobil, jika harus berhadapan dengan pengendara motor yang ingin cepat sampai tujuan di saat kondisi jalan macet karena adanya perbaikan.

img

2. Rute

Di saat perbaikan jalan dilakukan, maka jalanan tersebut akan semakin bertambah padat pada jam-jam sibuk seperti berangkat kerja dan pulang kerja. Menggunakan rute alternatif sebaiknya dipilih, misal; melewati jalan tikus. Tidak semua jalan tikus akan memperpendek jarak dan waktu, setidaknya pemakaian BBM akan bisa dihemat daripada terjebak macet karena perbaikan jalan.

img

3. Rambu

Bila memang sudah tidak ada jalur alternatif yang bisa dilalui, melintasi jalan yang sedang diperbaiki adalah satu-satunya cara untuk sampai di tujuan. Jadi, perhatikan setiap rambu yang terlihat atau petugas yang sedang bertugas di sana agar tidak semakin rusuh kondisi di jalan.

img

4. Cuaca

Jika cuaca sedang tidak bersahabat, rambu-rambu yang berlaku pun bisa jadi tidak mendukung keadaan lalu lintas. Terlebih saat hujan turun, kondisi jalan yang tergenang air tidak akan terlihat dan mungkin menghalangi pandangan terhadap peringatan-peringatan yang diberikan.

img

5. Waktu

Bukan merupakan hal yang paling utama sebenarnya, tapi penunjuk waktu akan bisa jadi peringatan dini terhadap gangguan yang akan datang bagi para pengguna jalan. Sehingga pada saatnya perbaikan dilakukan, para pengguna jalan sudah melakukan beberapa persiapan. Memang jarang terjadi di proyek yang dikerjakan tersebut akan disertakan perkiraan tanggal mulai dan selesai.

Dikutip dari: Detik Oto


Latest News