news

25 Jan 2016

Alasan Toyota Tetap

Alasan Toyota Tetap "Pede" dengan Tromol pada Fortuner

Jakarta, KompasOtomotifBicara tampilan, fitur hingga ubahan yang dilakukan Toyota pada All New Fortuner, sudah relatif optimal. Tetapi, produsen asal Jepang itu masih mempertahankan rem tromol belakang pada Fortuner generasi kedua.

Langkah itu, menurut Hiroki Nakajima, Chief Engineer Toyota IMV Project, dilakukan untuk tetap menjaga kestabilan. Sebab, Fortuner memiliki bodi yang cukup besar dan punya berpenggerak roda 4x4.

“Sehingga bisa menjamin sistem pengereman yang baik, karena bodi Fortuner ini sangat besar dan bobotnya juga berat,” kata Nakajima usai acara peluncuran All New Fortuner di JCC, Senayan, Jakarta, Jumat (22/1/2016).

Lebih dari itu, pria asal Jepang ini melanjutkan, rem tromol jauh lebih baik dibandingkan menggunakan model disc brake pada bagian belakang. Sebab, saat kendaraan itu berjalan di medan yang cukup berat, pengeremannya jauh lebih maksimal.

“Bisa menahan panas saat terjadi gesekan atau saat pengereman terjadi,” kata Nakajima.

Fortuner generasi kedua yang di pasarkan di Indonesia ini rem belakangnya menggunakan tromol dengan Leading-Trail. Sedangkan bagian depan disc brake berukuran 17 inci.


Latest News