news

05 May 2020

Avanza Buatan Indonesia Dipercaya Jadi Taksi di Ethiopia

Avanza Buatan Indonesia Dipercaya Jadi Taksi di Ethiopia

Toyota Avanza di luar negeri

Mobil sejuta umat Avanza tak hanya diproduksi untuk kebutuhan dalam negeri saja. Low MPV ini berlabel 'Made in Indonesia' ini juga diekspor utuh ke berbagai negara.

Penggunaan Avanza di dalam negeri juga menyasar sektor fleet, salah satunya sebagai taksi. Pun demikian di negara tujuan ekspor.

Hal itu terlihat dari postingan akun instagram @toyotaavanzaintheworld. Toyota Avanza generasi facelift pertama itu jadi armada taksi di Ethiopia.

Melihat wajah Avanza lama hingga facelift yang diimpor oleh PT Astra Daihatsu Motor di berbagai sudut jalan itu seperti berada di Indonesia.

Lalu, sebenarnya Avanza buatan Indonesia laku di negara mana saja, sih?

Dalam data ekspor Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo).
ekspor mobil selama 2019 mencapai 332.023 unit. Itu merupakan angka ekspor CBU atau mobil yang sudah diproduksi dalam bentuk utuh.

Total dari Januari hingga Maret 2020 sebanyak 7.493 unit dikapalkan dari Indonesia ke luar negeri. Memang jumlah negara tujuan berkurang dari tahun sebelumnya. Tiga negara, Meksiko dan Filipina jadi negara terbanyak meminati mobil sejuta umat ini.

Di tahun 2018, beberapa negara tetangga lainnya seperti Myanmar, Vietnam, Thailand, Brunei Darussalam, Laos, Singapura dan Malaysia masih memiliki selera yang sama dengan orang Indonesia. Itulah mengapa negara-negara ASEAN tersebut tercantum dalam data ekspor Avanza.

Tak ketinggalan di luar ASEAN ada Afrika Selatan, Bermuda, Mesin, Afrika Barat, Madagaskar, Pakistan, Srilanka, Arab Saudi, Peru, Bangladesh, Lebanon, Qatar, Kuwait, Oman, Yaman, Honduras, Guatemala, dan sederet negara lain yang juga mengimpor Toyota Avanza.


Latest News