news

10 Mar 2016

Bagaimana Kesiapan Honda Menyajikan Mobil Ramah Lingkungan di Indonesia?

Bagaimana Kesiapan Honda Menyajikan Mobil Ramah Lingkungan di Indonesia?

Bagaimana Kesiapan Honda Menyajikan Mobil Ramah Lingkungan di Indonesia?

Bagaimana Kesiapan Honda Menyajikan Mobil Ramah Lingkungan di Indonesia?

Jenewa -Saat ini beberapa negara di dunia sudah mulai gencar mengampanyekan penggunaan kendaraan ramah lingkungan. Mulai dari kendaraan hybrid, listrik hingga hidrogen sudah disiapkan beberapa pabrikan otomotif ternama. Apakah Honda siap membawa teknologi-teknologi ramah lingkungan itu ke Indonesia?

Chief Engineer of Honda CR-Z dari Honda R&D Co., LTD, Terukazu Torikai mengucapkan, Honda memang tengah melakukan penelitian dan pengembangan kendaraan ramah lingkungan dan masih terus dilakukan. Di beberapa negara Honda juga sudah memasarkan mobil yang ramah lingkungan.

"Honda sendiri tengah melakukan penelitian dan pengembangan powertrain yang ramah lingkungan. Termasuk hybrid CR-Z, Jazz maupun City, kemudian di Accord. Selain itu Honda juga mengembangkan powertrain lain, misalnya full electric car. Selain itu ada fuel cell (mobil hidrogen)," kata Torikai di sesi wawancara usai peluncuran Honda CR-Z di Jakarta.

Namun, kata dia, untuk bisa dipasarkan di negara tertentu, pihaknya juga harus menyesuaikan infrastruktur yang tersedia di negara itu. Kalau infrastruktur belum lengkap, akan sulit memasarkan mobil ramah lingkungan.

"Karena konsep Honda adalah tergantung kebutuhan, demand-nya seperti apa. Karena mobil menyesuaikan infrastruktur. Kalau ada infrasutruktur maka mungkin akan diproduksi massal. Kalau tidak ada infrastrukturnya ya tidak bisa," sebutnya.

Ditemui di kesempatan yang sama, Presdir PT Honda Prospect Motor (HPM), Tomoki Uchida mengatakan, memang teknologinya sedang disiapkan secara global oleh Honda. Tapi apakah bisa ditawarkan di Indonesia, Honda mempertimbangkan kecenderungan permintaan konsumen dan kebijakan pemerintah soal perpajakan.

"Misalnya ada perubahan peraturan. Contohnya di Eopa yang fokus menekan emisi CO2. Di sana (mobil-mobil ramah lingkungan) mendapatkan perlakuan tax (pajak) khusus. Kalau di Indonesia akan ada perubahan tax system itu, mungkin bagi Honda bisa saja. Honda akan menyajikan teknologi advance secepatnya yang membrikan keuntungan kepada customer," ujar Uchida. (rgr/lth)

Latest News