news

05 Mar 2016

Ban Unik Goodyear Berbentuk Bola

Ban Unik Goodyear Berbentuk Bola

Goodyear punya konsep ban baru yang ditampilkan di ajang Geneva Auto Show 2016. Ban ciptaan mereka berbentuk bola, tidak seperti ban kebanyakan yang menyerupai donat (lingkaran dengan lubang di tengah), lalu diberi nama Eagle-360.

Ban unik ini diproyeksikan untuk menyongsong hadirnya mobil-mobil otonomos (tanpa awak) yang diprediksi terjual 85 juta unit per tahun pada 2035 mendatang. Teknologi ban dianggap Goodyear akan memainkan peranan penting saat interaksi mobil dan pengemudi berkurang.

Eagle-360 ini dengan bentuk bulat dipercaya memberikan kontribusi untuk keamanan dan manuver untuk yang siap menerima tuntutan dari mobil otonomos. Ban bisa bergerak ke segala arah, bahkan mobil tanpa perlu berbelok untuk parkir demi menghemat tempat.

Teknologi yang tertanam juga sangat canggih, di mana ban mampu menyesuaikan dengan kondisi jalan. Selain itu, ban berbentuk bola juga bisa menyesuaikan dengan fitur keamanan mobil untuk menjaga mobil tak tergelincir.

Permukaan ban yang menyentuh tanah akan menyesuaikan saat Hujan, didukung dengan teknologi yang membuat permukaan ban semakin fleksibel saat basah.

Demi menghubungkannya dengan bodi mobil, Goodyear Eagle-360 mengandalkan levitasi magnetik, mirip teknologi yang digunakan kereta api, meningkatkan kenyamanan penumpang dan mengurangi kebisingan.


Latest News