news

08 Mar 2016

Bocoran Spesifikasi Sienta

Bocoran Spesifikasi Sienta "Mulai Rembes"

Toyota Sienta jadi salah satu produk kendaraan penumpang yang diperkirakan bakal masuk Indonesia. Mobil multi purpose vehicle(MPV) menengah ini, sudah dipasarkan di Jepang sejak Juli 2015 lalu.

Pilihan mesin yang disediakan 2NR-FKE 1.5L untuk penggerak roda depan dan 1NZ-FE 1.5L untuk penggerak roda belakang. Untuk Indonesia sendiri nampaknya akan menggunakan tipe berpenggerak roda depan, yang saat ini sudah diproduksi di pabrik baru di Karawang, Jawa Barat.

Salah satu sumber dari intenal Toyota menyatakan, bisa dipastikan kalau mesin yang digunakan, adalah 2NR-FKE (1.5L). Kendaraan yang menyasar pada keluarga muda ini nantinya akan dilengkapi dengan teknologi dual VVT-iE (Variable Valve Timing-intelligent Electric) dengan versi elektrik.

“Mesin jenis FKE sendiri sebenarnya memiliki tenaga lebih kecil, hanya saja memang dia mengejar keiritan bahan bakar (fuel efficient). Cara kerjanya, dengan bermainnya buka-tutup katup mesin, ini seolah-olah volume mesin bisa dikurangi, saat tidak butuh tenaga besar, misalnya saat cruising,” ujar sumber itu kepada KompasOtomotif, Senin (7/3/2016).

Sumber itu menambahkan, 2NR- FKE sendiri menggadopsi sirklus Atkinson, sehingga membuatnya semakin irit bahan bakar. Namun, memang seperti tadi dijelaskan, punya tenaga yang menjadi lebih kecil.

“Atkinson kerap digunakan pada kendaraan bersistem hybrid. Untuk peluncuran Sienta sendiri, agar tidak terlalu fulgar saya katakan saja di semester awal,” ujar sumber.

Pernyataan serupa juga ada di dalam siaran pers Toyota Global News Room. “Model non-hibrida (bensin) memanfaatkan sistem Atkinson Cycle, yang juga digunakan pada model hybrid dan teknlogi Cooled EGR (Exhaust Gas Recirculation), lalu dilengkapi VVT-iE (Variable Valve Timing-intelligent dengan motor listrik), serta menggabungkan kinerja bersama dengan efisiensi bahan bakar tingkat tinggi.”


Latest News