news

24 Feb 2016

Brio Satya Bakal Pakai CVT!

Brio Satya Bakal Pakai CVT!

Diam-diam Honda Prospect Motor (HPM) tengah menyiapkan facelift sekaligus varian baru buat Brio Satya. Dari keterangan dalam daftar Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor, Brio Satya bakal punya transmisi matik.

Menariknya, Brio Satya versi dua pedal ini menggunakan CVT (continuously variable transmission) sama seperti MPV Mobilio dan BR-V yang diproduksi lokal. Dari data uji tipe yang sudah selesai, HPM diketahui hanya mendaftarkan CVT pada tipe tertinggi E, jadi akan lebih menarik lagi membayangkan harganya di pasaran.

Ketiga tipe yang sudah masuk TPT yakni Brio Satya 1.2 E MT CKD, Brio Satya 1.2 S MT CKD, dan Brio Satya 1.2 E CVT CKD.

Di segmen low cost green car (LCGC) Brio Satya jadi model pertama yang menawarkan transmisi jenis CVT. Alternatif lain tentu ada Suzuki Karimun Wagon R yang sudah menawarkan transmisi “manual rasa matik“ AGS (Auto-Gear Shift). Hingga saat ini cuma duet Datsun GO dan GO+yang belum punya matik.

CVT

Pada Desember 2015 lalu HPM merilis keterangan resmi kapasitas produksi CVT yang dilakukan Honda Parts Precission Manufacturing ditingkatkan dari 375.000 unit per tahun menjadi 750.000 unit per tahun. Bisa jadi inilah langkah awal untuk menyiapkan produksi Brio Satya CVT.

Hampir semua model Honda yang dipoduksi di dalam negeri menggunakan CVT, yakni Jazz, Mobilio, BR-V, dan HR-V. Hanya Fred yang masih konvensional, menggunakan matik 5-percepatan.


Latest News