news

03 Mar 2016

Butuh 60 Orang untuk Mendesain Mobil Cantik Rolls-Royce

Butuh 60 Orang untuk Mendesain Mobil Cantik Rolls-Royce

Butuh 60 Orang untuk Mendesain Mobil Cantik Rolls-Royce

Mobil buatan Goodwood Inggris, Rolls-Royce, apa pun modelnya selalu terlihat sempurna. Dalam penciptaannya, mobil itu 'dijahit' oleh 60 pasang tangan atau 60 orang di Goodwood.

"60 pasang tangan, 450 jam," ujar Corporate Communications Manager Rolls-Royce Motor Cars, Asia Pasifik Hal Serudin saat ditemui di kantornya di Rolls-Royce Leng Kee Road Singapura, Rabu (2/3/2016).

Bandingkan dengan mobil lain yang paling hanya 14-15 jam. "Apalagi kalau bespoke, bisa lebih lama lagi, 600 jam, jadi lebih banyak keterampilannya," tambahnya.

Bespoke yang dimaksud adalah mobil yang benar-benar didesain sesuai permintaan konsumen, mulai dari tampilan interior seperti jok, lantai, bahan kayu, sampai cat warna eksterior yang bisa dipilih sampai 44.000 warna.

Karena itulah, lanjutnya, Rolls-Royce selalu kesulitan jika ditanya wartawan soal harga mobil yang baru mereka lepas ke pasaran. Harga akan sangat bergantung pada pilihan konsumen tadi.

Karena konsumen yang membeli mobil Rolls-Royce biasanya benar-benar menginginkan sebuah mobil yang beda dari lainnya, dan mereka pun sanggup membelinya.

"Sampai-sampai kalau mobil baru kita luncurkan, apalagi yang special edition, selalu saja ada orang yang langsung membeli, stok kami biasanya cepat habis," ujarnya sambil tersenyum.

Hal pun memberikan sedikit pengetahuan sejarah soal merek Inggris itu. Rolls-Royce merupakan gabungan dari 2 nama insinyur Inggris, Charles Rolls dan Sir Henry Royce.

Keduanya berkongsi membuat mobil yang hebat di tahun 1904 lalu. Rolls sebelumnya dikenal sebagai jagoan ngebut, dia memecahkan rekor kecepatan dart di Dublin dengan mengendarai Mors pada kecepatan sekitar 83 mil per jam atau sekitar 133 km per jam. Untuk membiayai hobi balapnya, Rolls membuat sebuah diler kendaraan pertama di Inggris.

Sementara Royce, harus berusaha lebih keras untuk menjadi seorang insinyur. Dia menjual koran dan menjadi pengirim telegram saat masih muda.

Peruntungan Rocye berubah ketika saudaranya memberikan kesempatan magang di sebuah perusahaan Great Northern Railway Works. Di situlah Royce belajar menjadi seorang insinyur, dan sampai akhirnya, dia berhasil menciptakan mesin bensin pertama, Royce 10 hp, dua silinder.

Rolls melihat mobil itu, dan langsung jatuh cinta, dia setuju untuk menjadi 'sales mobil' dengan menjual kendaraan itu dengan nama Rolls-Rocye.

Dalam perjalanannya, Rolls-Royce juga berhasil menciptakan rekor kendaraan yang memiliki ketahanan tinggi saat itu, yakni Silver Ghost, sebuah mobil terbaik yang pernah dibuat di dunia. Silver Ghost berhasil melaju sampai sekitar 11.000 km lebih.


Latest News