news

02 Apr 2016

"Cangkang" Anti Peluru Buat Fortuner dan Innova

Toyota Fortuner dan Innova versi anti-peluru mejeng di pameran militer terbesar di India, Defence Expo yang digelar 28 – 31 Maret 2016.  Kedua model itu dirancang oleh Minerva Special Purpose Vehicle (MSPV), perusahaan spesialis konversi kendaraan sipil jadi mobil “setengah militer”.

Tampilan luar tak jauh beda dibanding Fortuner dan Innova standar, namun bagian seperti panel bodi dan kaca diganti bahan lebih kuat. Tujuannya tentu melindungi penumpang dari serangan pihak musuh.

Selain itu komponen penting mobil seperti aki, ECU (electronic control unit), dan tangki bahan bakar, telah dibungkus baja balistika.

Toyota Fortuner versi anti-peluru punya pelindung di bagian belakang. Fortuner

Berat kosong Fortuner standar yaitu 1,88 ton, namun semua material pelindung membuat versi ini membengkak jadi 3,7 ton. MSPV juga membenahi suspensi agar bisa menopang berat yang bertambah, selain itu ban dipasang teknologi run-flat tire biar mobil bisa tetap menggelinding meski tekanan udara ban menghilang tiba-tiba.

Fortuner ini menggunakan mesin diesel 3.0L bawaan dari pabrik tanpa dimodifikasi, tenaganya 171 tk dan torsi 343 Nm. Tersedia dua pilihan transmisi, manual dan otomatis.

Toyota Innova versi anti-peluru.Innova

Beda seperti Fortuner yang melindungi semua penumpang, Innova rancangan MSPV hanya anti-peluru di bagian depan. Artinya Cuma melindungi pengemudi dan penumpang depan.

Empat jendela terdepan dan kaca depan dibuat dari bahan anti-peluru. Di kedua pintu depan ditambah panel pelindung, material  tambahan itu sangat berat membuat buka-tutup pintu sedikit lebih lambat. Berkat semua bahan pelindung total berat kosong Innova bertambah 1 ton.

Toyota Innova versi anti-peluru cuma melindungi penumpang di baris pertama.Sama seperti Fortuner, mesin Innova masih menggunakan tipe standar, diesel 2.5L bertenaga 102 tk dan torsi 200 Nm. Run-lat tire juga tersedia.


Latest News