news

02 Apr 2016

Cangkok Jantung GT-R di Tubuh Navara

Cangkok Jantung GT-R di Tubuh Navara

Satu hal yang menyenangkan dari mobil-mobil Nissan yaitu mudah melakukan implan komponen.  Misalnya seperti yang banyak kita lihat di Indonesia, yakni Cefiro dipakai drifting dengan mesin Silvia, kalau di Inggris ada Juke-R dengan mesin GT-R. Paling baru, Navara dicangkokan jantung pacu GT-R.

Sama seperti Juke-R, “Navara-R” ini asalnya juga dari Inggris, lebih tepatnya dari kota sebelah barat, Shropshire. Kreasi ini diciptakan oleh Severn Valley Motorsport (SVM), rumah modifikasi di kota itu.

Perlu dipahami Navara sebenarnya bukan mobil melainkan truk pikap yang sudah meluncur di Indonesia pada April 2015. Hasil modifikasi SVM patut diapresiasi karena idenya luar biasa.

Mesin asli Navara, 2.3L turbo diesel yang orientasinya torsi, disingkirkan, lalu diganti dengan mesin bensin V6 3.8L milik GT-R R35 produksi 2017. Warna merah menyala langsung menyolok mata begitu kap mesin dibuka.

Belum selesai sampai di situ, SVM juga memaksimalkan potensi mesin baru hingga mencapai 800 tk. Tenaga asli yang dihasilkan mesin V6 GT-R hanya sampai 565 tk. Kalau itu masih belum bikin garuk kepala, SVM berani mengadu Navara ini dengan Bugatti Chiron yang punya tenaga 1.500 tk.

Selain mesin, Navara ini juga mengadopsi transmisi 6-percepatan kopling ganda dan sistem penggerak semua roda milik R35. Buat siapa saja yang tertarik atas konsep ini, SVM membuka harga 175.000 poundsterling atau sekitar Rp 3,3 miliar.

Konsep yang satu ini dikatakan cuma contoh, SVM berujar juga bisa menginstal girboks manual dan membuatnya berpenggerak roda belakang. Pada dasarnya SVM bisa melakukan apa saja yang diminta pelanggaran sesuai dana.

“Semua hal memungkinkan. Kami terbuka buat ide paling gila,” kata Luke Anthony seperti dilansir dari Top Gear, Senin (28/3/2016).


Latest News