news

21 Sep 2019

Cara Pilih Mobil Bekas Berkualitas untuk Pemula

Cara Pilih Mobil Bekas Berkualitas untuk Pemula

Mobil bekas menjadi pilihan alternatif untuk masyarakat yang baru ingin pertama kali membeli mobil. Selain karena harganya yang lebih murah, masyarakat juga bisa lebih mengeksplorasi cara berkendara atau belajar otomotif dari mobil bekas.

Mobil bekas juga tak selalu identik dengan mobil yang sudah rusak karena sudah dipakai sebelumnya. Pasalnya tak semua orang menjual mobilnya dengan alasan karena sudah rusak, tetapi dengan berbagai alasan.

Namun, ada yang perlu diperhatikan agar tak sembarang membeli mobil bekas, tetapi juga berkualitas. Mulai dari mengecek komponen mobil dan mesin, test drive, dan memeriksa kelengkapan dokumen kendaraan.

Kamu bisa memeriksa dokumen yang kamu terima, yaitu STNK, BPKB, dan surat-surat lainnya, dengan mengecek di polda atau kantor samsat terdekat sebelum transaksi. Tentunya kamu juga tak ingin kan jika mobil bekas yang kamu beli ternyata bodong.

Cek Komponen Mobil, Kondisi Mesin, dan Box Transmisi

Kamu bisa membandingkan komponen bagian mobil bekas dengan mobil yang baru atau mengeceknya di internet. Mulai dari bagian bodi mobil, lalu juga bagian dalamnya seperti pintu, kursi, kap, AC, radio dan tombol-tombol yang berfungsi dengan baik.

Saat hendak mengecek kondisi mesin mobil bekas, sebaiknya kamu mengajak orang yang ahli, montir bengkel, atau teman yang paham mesin. Pasalnya kondisi dan performa mesin adalah hal yang paling utama saat kamu berkendara nantinya.

Dari suara mesin mobil yang dinyalakan saja minimal seharusnya kamu tahu mana mobil dengan kondisi yang baik atau tidak. Kemudian kamu juga harus mengecek box transmisi di bodi mobil apakah ada oli yang berantakan atau tidak. Hindari membeli mobil yang mengalami kebocoran oli dari celah box transmisi.

Test Drive

Pastikan kamu sudah mencoba mobil bekas yang akan dibeli. Cek juga setir masih normal atau tidak, lalu dengan beberapa manuver yang memastikan bahwa mobil masih aman dan nyaman saat dipakai.

Nah, jika kamu memang berencana membeli mobil bekas dalam waktu dekat, kamu bisa memanfaatkan program KESAMBERHADIAH (Kejutan Spesial September Oktober Berhadiah) yang digelar detikcom dan Seva.id. Lebih untung lagi, beli mobil bekas di Seva.id sudah dicek oleh inspektorat sehingga terjamin kualitasnya.

Dengan mengikuti KESAMBERHADIAH, kamu bisa mendapatkan hadiah dp mobil dengan total ratusan juta rupiah, voucher belanja total jutaan rupiah, dan iPhone XR. Caranya mudah, isi data diri kamu dan alasan unik mengapa kamu berhak dibayarin dp mobil di sini.

Periode promo ini hanya berlaku sejak 10-23 September 2019 dan pemenang akan diumumkan pada 24 September 2019. Yuk ikutan KESAMBERHADIAH dan menangkan hadiah dp mobil hanya dengan mengisi form di sini.


Latest News