news

19 Feb 2016

Duo

Duo "MPV Sejuta Umat" Terlaris China Siap Serbu Indonesia

Liuzhou, KompasOtomotif - Produsen mobil asal China sudah semakin dekat mencicipi pasar otomotif nasional Indonesia. Pabrikan otomotif China,  SAIC-GM-Wuling Automobile (SGMW), memastikan diri bakal memboyong dua model andalannya, Wuling Hongguang S1 dan Baojun 730. 
Menurut pihak manajemen SGMW, nantinya kedua model ini akan mendapatkan penyesuaian spesifikasi dengan harapan bisa diterima di pasar nasional. Selain itu, kedua model juga bakal menyandang nama baru ketika mulai dipasarkan.

Wuling Hongguang S1 dan Baojun 730 akan saling bersanding, berjibaku di segmen mobil terlaris di Indonesia, yakni kendaraan multi guna (multi purpose vehicle/MPV) tujuh penumpang.

Menperin bersama pejabat ekselon satu Kementerian Perindustrian berkunjung ke pabrik SAIC-GM-Wuling (SGMW) Automobile di Qingdao, tenggara Beijing, Jumat (4/12).

Model pertama (Wuling Hongguang S1akan menyasar ke segmen Low MPV, bersaing dengan model sekelasnya, seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, dan Chevrolet Spin. Namun, kalau melihat bodinya, model ini lebih cocok disandingkan dengan rival, semacam Suzuki APV atau Nissan Evalia.

SedangkanBaojun 730 bakal menyasar ke segmen MPV medium, sekelas Toyota Kijang Innova bahkan bisa menyentuh Nissan Livina.
 
 

Menariknya, di China kedua model ini sudah terbukti karena diklaim menjadi model terlaris. Setiap bulan, Wuling Hongguang S1 terjual 70.000 unit dan Baojun 730 sekitar 30.000 unit .

Pabrik mobil SGMW di Liuzhou Guangxi, China. Pabrik ini mampu memproduksi mobil hingga 60 unit per jam atau 1 unit per menit.
Penguasa di China

SGMW tercatat menjadi penguasa pasar otomotif di China pada tahun 2015. Hal inilah yang membuat perusahaan ini makin optimistis masuk ke Indonesia. Penjualan Mobil di China sepanjang tahun lalu mencapai 24 juta. Dari jumlah itu, SGMW mampu menjual 2 juta unit.

Pihak manajemen kembali menyatakan, Indonesia merupakan negara pertama di luar China yang ditunjuk sebagai basis produksi sekaligus membangun pabrik. Selain Indonesia, perusahaan juga sudah menjajaki India dan Mesir sebagai pasar potensial. Di Indonesia, 
SGMW tengah mendirikan pabrik perakitan baru di Delta Mas, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, dengan target operasi dalam waktu dekat.

Calon penantang Avanza-Xenia dari China, tapi lebih cocok disandingkan dengan Suzuki APV atau Nissan Evalia.


Latest News