news

22 Jan 2016

Ekspor Ertiga ke Malaysia Topang Penjualan Suzuki Indonesia

Ekspor Ertiga ke Malaysia Topang Penjualan Suzuki Indonesia

Jakarta, KompasOtomotif - Kondisi pasar otomotif yang tengah lesu membuat sejumlah jawban atas masalah lesunya pasar otomotif tahun ini terjawab bagi Suzuki. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) memastikan akan ada tambahan penjualan ke pasar ekspor untuk salah satu model unggulan, Ertiga ke Malaysia dan bentuk terurai.

Mengacu data penjualan ritel sepanjang 2015 lalu, total penjualan mobil di segmen LMPV mencapai 267.602 unit. Jumlah ini turun cukup signifikan hingga 25,4 persen dibandingkan periode sama tahun sebelumnya, 356.126 unit.

"Pasar memang sulit tahun lalu, kondisi terparah adalah persaingan diskonnya. Harga bisa berubah-ubah hanya dalam hitungan minggu," kata Davy Jeffry Tuilan, Wakil Direktur Pelaksana SIS di Jakarta, Kamis (21/1/2016) malam.

Kinerja penjualan Suzuki Ertiga juga turun cukup dalam tahun lalu, hanya berhasil menjual 32.871 unit, anjlok 32 persen dari tahun sebelumnya 48.016 unit.

Jika Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi total penjualan tidak akan jauh berbeda dari tahun sebelumnya, maka Suzuki Ertiga punya kesempatan tumbuh. Bila SIS berhasil mempertahankan penjualan Ertiga tahun ini sama seperti tahun sebelumnya, di tambah pasokan ekspor 1.500 unit per bulan ke Malaysia, jumlahnya cukup signifikan.

"Tentu saja kita jadi terbantu, itu totalnya setahun sama dengan 18.000 unit. Cukup besar jadi penambahannya," ucap Davy.


Latest News