news

03 Dec 2019

Elon Musk Punya Mobil Selam

Elon Musk Punya Mobil Selam

Lotus Esprit Foto: Autoevolution

Jika pernah menonton film James Bond berjudul 'The Spy Who Loved Me' tahun 1977 pasti kenal dengan Lotus Esprit. Mobil yang kini dimiliki oleh Elon Musk.

Mobil James Bond kala itu termasuk mobil yang fenomenal karena digambarkan dapat berubah menjadi mode amfibi, bisa berkendara baik di darat maupun laut dan bisa menembakkan rudal di dalam air.

Murmer Abis! Harga Asli 'Mobil Selam' Milik Elon Musk

Lotus Esprit kemudian dilelang di RM Sotheby pada 2013 kepada Elon Musk. Dia dilaporkan menebus mobil tersebut sebesar USD 997.000. Rela membayar mahal, Musk rupanya terinspirasi membuat mobil canggih dari mobil tersebut.

"Sungguh luar biasa sebagai seorang anak kecil di Afrika Selatan menonton James Bond di 'The Spy Who Love Me' mengendarai Lotus Esprit-nya dari dermaga, menekan tombol dan mengubahnya menjadi kapal selam bawah laut," ujarnya pada 2013 silam.

"Saya kecewa mengetahui bahwa itu tidak dapat benar-benar berubah. Apa yang akan saya lakukan adalah memutahirkannya dengan powertrain listrik Tesla dan mencoba membuatnya secara nyata," sambung Elon.

Mirip sih ya

Mobil pikap listrik Tesla Cybertruck pun rupanya desainnya terinspirasi mobil Lotus itu.

Mengutip dari CNBC, ternyata pemilik mobil tersebut sebelum dibeli Musk adalah sepasang pengantin dari Long Island, New York. Pada tahun 1989, mereka hanya membayar USD 100 dari sebuah gudang penyimpanan.

Lotus Esprit hanya didiamkan selama beberapa dekade di dalam gudang penyimpanan usai menjadi bagian dari film. Setelah kemudian dibeli oleh pasangan yang tidak ingin disebutkan namanya tersebut.

Seperti 'lelang buta', baik penjual ataupun pasangan tersebut tidak mengetahui apapun barang yang dibelinya. Dikatakan bahkan sebelumnya mereka tidak pernah melihat film James Bond.

"Pada awalnya mereka benar-benar tidak tahu apa itu," ujar Doug Redenius, salah satu pendiri Ian Fleming Foundation, yang membuktikan otentikasi mobil tersebut.

Redenius menceritakan ketika pasangan itu berencana memperbaiki mobil tersebut, seorang sopir truk memberi tahu mereka kalau mereka sedang membawa mobil James Bond.

Si suami kemudian menyewa film James Bond yang memperlihatkan mobil. "Dia melihat apa yang dimilikinya," ujar Redenius.

Pasangan yang bekerja di bidang penyewaan alat konstruksi tersebut kemudian merapihkan kendaraan tersebut. Berlanjut memamerkan kendaraannya selama dua dekade terakhir. Sebelum memutuskan untuk memasang di pelelangan pada 2013.


Latest News