news

24 Feb 2016

Gaikindo Targetkan Penjualan 2016 Tumbuh

Gaikindo Targetkan Penjualan 2016 Tumbuh

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memprediksi penjualan mobil domestik tahun ini tidak jauh berbeda dengan 2015 lalu. Asosiasi pebisnis otomotif di Indonesia ini berharap, total penjualan sepanjang tahun ini minimal 1,1 juta unit.

Johannes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo baru periode 2016-2019 mengatakan, pasar otomotif Indonesia tahun ini tidak akan jauh berbeda dengan 2015, sehingga target penjualannya diperkirakan sama dengan pencapaian tahun lalu.

“Tahun lalu penjualan mencapai 1.013.305 unit. Untuk tahun ini kurang lebih sekitar 1,1 juta unit,” ujar Nangoi usai acara rapat umum anggota Gaikindo 2016, di Hotel Pullman, Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2016).

Menurut pria yang juga menjabat sebagai Presiden Direktur PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) ini, meski kondisi pasar otomotif belum bergairah, tetapi Gaikindo berusaha untuk tetap menaikan penjualan mobil secara domestik.

“Kita hanya bisa berharap kondisi pasar dan perekonomian Indonesia bisa jauh lebih baik dari tahun lalu,” ujar Nangoi.

Ekspor

Tak hanya penjualan mobil di dalam negeri, Nangoi juga berharap ekspor di tahun ini juga bisa lebih baik dari tahun sebelumnya. Gaikindo akan terus berusaha agar industri otomotif Indonesia tidak hanya besar di dalam negeri, tetapi bisa dikenal hingga ke luar negeri.

"Untuk ekspor itu para pabrikan di Indonesia harus bekerjasama dengan prinsipal di negara masing-masing. Karena, pasar ekspor itu hanya bisa dibuka oleh prinsipalnya," ujar Nangoi.

Sekertaris Umum Gaikindo Noegardjito, mengatakan, menurut road map, seharusnya penjualan di dalam negeri pada 2015 mencapai 1,224 juta unit, produksi 1,6 juta unit dan ekspor 368.000 unit.

Salah satu hal penting yang harus diantisipasi yaitu terus melemahnya penjualan mobil domestik yang bisa memengaruhi banyak hal. Noegardjito meminta dukungan berupa kebijakan operasional baik untuk jangka pendek ataupun panjang sebagai solusi.

Indonesia harus kembali ke jalur yang benar bila ingin mencapai penjualan domestik 1,9 juta unit dan produksi lokal 2,6 juta unit pada 2020.


Latest News