news

03 Nov 2015

Generasi Terbaru Toyota Fortuner Meluncur di India Akhir 2016

Generasi Terbaru Toyota Fortuner Meluncur di India Akhir 2016

Generasi Terbaru Toyota Fortuner Meluncur di India Akhir 2016

New Delhi -Meski akan diluncurkan untuk pasar global pada Juli 2016 mendatang, namun Toyota Fortuner generasi terbaru akan dijual di India pada akhir tahun itu. Selain di India, mobil ini juga bakal dijajakan di Thailand dan Australia.

Seperti dilaporkan Zigwheel dan Indianautosblog, Senin (2/11/2015), untuk pasar India, mobil itu dirakit di pabrik Bidadi, Karnataka. Sejumlah kompoen lokal pun telah disiapkan untuk mendukung produksi tersebut.

Kabarnya, pabrik ini bakal memproduksi 30.000 unit lebih per tahun atau 2.500 unit per bulan. Untuk itu, Toyota Motor Corporation telah mengguyurkan investasi ke Toyota Kirsloskar atau Toyota India. Namun, investasi itu selain untuk memproduksi Fortuner juga untuk membuat sedan medium.

Toyota menyediakan dua pilihan mesin bagi varian Sport Utility Vehicle (SUV) itu, yakni mesin diesel 2.400 cc dan 2.800 cc. Untuk spesifikasi Thailand disebut, tenaga yang dihasilkan mesin tersebut 150 PS dengan torsi 400 Nm, dan varian kedua bertenaga 177 PS dan torsi 450 Nm.

Untuk menyalurkan tenaga ke roda digunakan transmisi otomatis atau manual enam tingkat percepatan. Selain itu, Toyota juga menawarkan sistem penggerak empat roda untuk tipe tertinggi.

Lantas bagaimana di Indonesia? Sumber di PT Toyota Astra Motor menyebut, hingga saat ini masih belum ada penetapan rencana peluncuran generasi terbaru SUV tersebut. “Rencana peluncuran masih belum ada. Ya, sama-sama kita tunggu saja,” ujarnya saat ditemui di arena Tokyo Motor Show 2015, pekan lalu.


Latest News