news

19 Nov 2015

Hadapi Musim Hujan, Ini Tips dari Rifat Sungkar

Hadapi Musim Hujan, Ini Tips dari Rifat Sungkar

Hadapi Musim Hujan, Ini Tips dari Rifat Sungkar

Jakarta - Dalam beberapa waktu ini, ibukota sering diguyur hujan deras sebagai tandanya memasuki musim penghujan. Peralihan dari musim panas ke musim hujan, membuat para pengemudi harus mempersiapkan segala sesuatunya.

Apalagi di wilayah Jakarta yang biasanya sering terjadi banjir, pengemudi mobil harus lebih ekstra baik dalam cara berkemudi maupun pengecekan kondisi mobil.

Apa saja hal-hal yang harus dipersiapkan dan diperhatikan oleh pengemudi mobil dalam menghadapi musim hujan? Berikut adalah tips dan trik yang dibagikan oleh Pereli nasional yang juga sebagai duta safety driving, Rifat Sungkar.

Hadapi Musim Hujan, Ini Tips dari Rifat Sungkar

1. Lihat Posisi Ban

Peralihan musim panas ke musim hujan berpengaruh pada posisi ban. Rifat menyarankan kepada pengemudi agar memperhatikan posisi ban dan lebih baik merotasi ban, ban depan dipindah ke belakang, ban kiri dipindah ke kanan dan seterusnya.

“Selama ini kan kita suka lewatin jalanan panas, jadi yang pertama lihat posisi ban. Kalau bisa cross depan, kanan, belakang, kiri. Ketika jalanan panas, Anda belok-belok ban depan kemakan jauh dibanding ban belakang,” ungkap Rifat.

“Kalau hujan handling lebih banyak di depan. Harus bisa belok, mengerem, dan segala macam,” lanjutnya.

Hadapi Musim Hujan, Ini Tips dari Rifat Sungkar

2. Isi Tekanan Angin Sesuai Standar Pabrikan

Menurutnya, saat mengisi angin pada ban, ikutilah standar yang telah ditetapkan oleh pabrikan mobil agar ban lebih awet dan terjaga.

“Kalau soal angin ban, enggak usah dengerin orang, anginnya harus 28 atau 30 PSI karena tidak ada patokan seperti itu. Ikuti standar pabrikan,” ungkap suami dari aktris Sissy Priscillia itu.

Hadapi Musim Hujan, Ini Tips dari Rifat Sungkar

3. Bersihkan Hub Roda

Pada saat musim kemarau yang dilewati selama beberapa bulan, banyak debu-debu beterbangan yang bisa menempel pada bagian roda. Rifat menyarankan agar pengemudi membersihkan bagian hub roda supaya rem tidak macet.

”Setelah perpindahan dari musim panas ke musim hujan, suka terjadi rem macet. Bukan karena remnya rusak. Tapi karena debu-debu yang masuk ke dalam hub roda akhirnya jadi lumpur kena air,” kata Rifat.

“Kan itu enggak bisa kebuang. Jadi pas buka ban, Anda sekalian bersihkan hub roda yang ada bautnya depan belakang,” lanjutnya.

Hadapi Musim Hujan, Ini Tips dari Rifat Sungkar

4. Segera Bersihkan Kerak Kaca

Pandangan saat musim hujan akan terganggu, utamanya jika pada kaca depan banyak ditemui kerak kaca. Jadi sebagai persiapan berkendara di musim hujan, bawa mobil Anda ke tempat poles kaca untuk dibersihkan agar pandangan menjadi jelas.

“Kerak kaca kalau siang paling kelihatan pecah sinar saja, tapi kalau malam bisa blocking vision. Lebih baik ke tempat poles kaca, ya kaca depan sajalah enggak usah sampai samping, belakang kalau tidak ada uangnya,” beber Rifat.

Ia menambahkan, ”Nanti setelah dipoles ada lapisan biasanya. Lapisan itu sangat membantu. Kalau lagi hujan, kalau wiper Anda lagi dalam keadaan jelek airnya akan dripping dengan sendirinya.”

Hadapi Musim Hujan, Ini Tips dari Rifat Sungkar

5. Posisi Air Wiper

Hal yang satu ini banyak disepelekan pengemudi. Padahal Rifat menjelaskan benda yang satu ini penting sekali utamanya di musim hujan.

“Jadi caranya Anda sempatkan waktu bawa jarum peniti, terus duduk di mobil. Kalau bisa airnya jatuh persis di depan mata Anda, kanan maupun kiri. Orang ada yang suka kebawahan, ada juga yang suka keatasan. Kalau ke atas problemnya kalau lagi pelan, air belum sempet jatuh, wipernya keburu kelewat,” ujarnya.

“Kalau (posisinya) kebawahan, kalau Anda lagi kencang kebawa angin, airnya pas disemprot malah airnya makin kebawah lagi karena ada hubungannya dengan aerodinamik,” tambah Rifat.
 
Bagaimana Otolovers sudah siap menghadapi musim hujan? Semoga tips dan trik dari Rifat Sungkar dapat membantu Otolovers dalam berkendara dengan aman dan selamat ditengah guyuran hujan.

 


Latest News