news

24 Oct 2015

Hasil Uji Tabrak 13 Mobil yang Populer di Indonesia

Hasil Uji Tabrak 13 Mobil yang Populer di Indonesia

Jakarta -Komite Nasional Keselamatan Transportasi menyentil industri otomotif nasional yang dinilai kurang memperhatikan masalah keselamatan pada mobilnya. Benarkah?

Mari kita lihat dulu hasil crash test (uji tabrak) beberapa mobil populer di Indonesia.

Sebelum diluncurkan ke jalanan, pabrikan biasanya melakukan berbagai pengujian, termasuk uji tabrak atau crash test. Nah, untungnya dalam beberapa tahun terakhir ada lembaga independen di ASEAN yakni ASEAN NCAP yang menguji performa mobil-mobil saat mengalami tabrakan.

Uji tabraknya mengacu pada uji independen di negara-negara kawasan lain seperti Amerika dan Eropa. Yuk simak beberapa hasilnya:

1. Toyota Agya

LCGC buatan Toyota ini mendapatkan rating bintang 4 untuk perlindungan penumpang dewasa dan anak.

Saat diuji tabrak (biasanya pada kecepatan 60 km per jam) mobil mengembangkan airbag-nya dengan sempurna.




2. Daihatsu Ayla
Karena minus perlengkapan airbag, Daihatsu Ayla mendapatkan rating bintang yang kurang memuasakan. Perlindungan orang dewasa hanya 1 bintang, sedangkan anak 2 bintang.

Namun untuk Ayla dengan airbag rating itu membaik. Perlindungan dewasa 4 bintang dan anak 3 bintang.


 

 

3. Datsun GO

Datsun GO dengan 1 airbag mendapat rating 2 bintang baik itu untuk perlindungan dewasa maupun anak.







4. Toyota Hilux

Toyota Hilux mendapat peringkat yang cukup memuaskan. Rating uji tabrak pikap ini mendapat 4 bintang untuk dewasa dan anak. Itu untuk Hilux dengan 3 airbag dan tanpa fitur ESC.

Untuk 7 airbag nilai sempurna 5 bintang untuk penumpang dewasa dan 4 bintang untuk perlindungan penumpang anak.






5. Mitsubishi Triton

Bagaimana dengan pikap Mitsubishi ini? Untuk perlindungan dewasa mendapatkan rating 5 bintang dan 2 bintang untuk perlindungan anak. Mobil yang dites adalah mobil yang memiliki 7 airbag.

Uji tabrak dari samping pun lulus.






6. Honda HR-V

Honda HR-V yang memiliki 2 airbag mendapatkan peringkat 4 bintang untuk perlindungan dewasa dan 4 bintang untuk perlindungan penumpang anak. Uji tabrak dari samping pun lulus.

Varian lain dari HR-V yang memiliki Sealt Belt Reminder berkontribusi membuat rating bintang perlindungan dewasa naik menjadi 5 bintang.








 


7. Honda Jazz

Seperti halnya HR-V, Jazz juga mendapatkan rating 4 bintang baik untuk perlindungan penumpang dewasa maupun anak. Namun jika ada fitur seat belt reminder maka perlindungan dewasa bertambah satu bintang menjadi 5 bintang.





 


8. Toyota Corolla Altis


Mobil Corolla Altis yang memiliki 2 airbag mendapatkan rating 4 bintang untuk anak dan dewasa.





 



9. Toyota Avanza

Bagaimana dengan mobil sejuta umat Toyota Avanza? Avanza yang dilengkapi dengan 2 airbag mencatatkan rating bintang 4 untuk penumpang dewasa.





10. Daihatsu Xenia

Xenia yang diproduksi di Indonesia mendapatkan skor 12,34 untuk perlindungan penumpang dewasa dan 33 persen di perlindungan anak. Dengan demikian mobil mendapatkan rating 4 bintang.






11. Sedan Mazda2

Mobil mendapatkan rating 4 bintang untuk varian dengan 2 airbag.







 

12. Mitsubishi Mirage

Mirage yang memiliki 2 airbag mendapatkan rating 4 bintang untuk perlindungan dewasa, sedangkan perlindungan anak 43 persen.



 


 



13. Suzuki Swift

Swift dengan 2 airbag mendapat peringkat yang bagus untuk perlindungan dewasa yakni 5 bintang. Sementara untuk penumpang anak 77 persen.






(ddn/ddn)


Latest News