news

28 Sep 2015

Hasil Uji Tabrak: Agya-Ayla 4 Bintang, Datsun GO Airbag 2 Bintang

Hasil Uji Tabrak: Agya-Ayla 4 Bintang, Datsun GO Airbag 2 Bintang

Hasil Uji Tabrak: Agya-Ayla 4 Bintang, Datsun GO Airbag 2 Bintang

Jakarta -Baru-baru ini, ASEAN New Car Assessment Program (ASEAN NCAP) telah menguji jajaran mobil yang dipasarkan di Indonesia. Hasilnya, model Low Cost Green Car (LCGC) dari Toyota dan Daihatsu, Agya-Ayla mendapatkan empat bintang saat uji tabrak.

Sementara Datsun GO yang baru saja dilengkapi dengan kantung udara (airbag) mendapatkan 2 bintang. Dan, pikap Toyota Hilux mendapatkan 5 bintang.

Seperti tertulis dalam siaran resmi NCAP, pekan ini, pengujian ini dilakukan untuk memenuhi persyaratan Forum Keselamatan ASEAN 2015/003. Pengunian dilakukan ASEAN NCAP dengan Institut Teknologi Bandung.

"Ini penting untuk memastikan bahwa struktur hatchback kuat dan mampu melindungi penemudi maupun penumpangnya dalam kecelakaan. Juga, fitur keamanan pasif dan aktif misalnya airbag dan Electronic Stability Control memainkan peran utama dalam meminimalisir keparahan cedera terhadap penumpang kendaraan. ASEAN NCAP akan mencakup semua elemen itu setelah menguji tabrak kendaraan," kata Sekretaris Jenderal ASEAN NCAP, Khairil Anwar Abu Kassim.

Menurutnya, NCAP memiliki tanggung jawab untuk menginformasikan tingkat keamanan kendaraan kepada konsumen. Berdasarkan peringkat bintang, ASEAN NCAP akan menentukan mobil mana yang memberikan perlindungan terbaik dalam kecelakaan.

Pengujian yang dilakukan di Bandung ini melibatkan tiga kendaraan LCGC yaitu Toyota Agya, Daihatsu Ayla, Datsun GO. Pikap Toyota Hilux pun telah diuji.

Hasilnya, Datsun GO meraih poin 6,82 untuk Perlindungan Penumpang Dewasa (Adult Occupant Protection/AOP). Mobil itu mendapatkan dua bintang Perlindungan Penumpang Dewasa. Sementara untuk Perlindungan Penumpang Anak (Child Occupant Protection/COP), Datsun GO juga mendapatkan dua bintang dengan pemenuhan syarat 46 persen.

Untuk Daihatsu Ayla tanpa airbag, mobil itu mendapatakan satu bintang dengan AOP 5,56 poin. Sementara untuk COP, Ayla non airbag mendapakan dua bintang dengan perlindungan 47 persen dari yang disyaratkan.

Daihatsu Ayla varian tertinggi yang dilengkapi dengan dual airbag mendapatkan empat bintang untuk AOP dengan 12,84 poin. Sementara untuk COP, LCGC Daihatsu itu memperoleh 3 bintang dengan perlindungan 51 persen dari yang disyaratkan.

Begitu juga dengan kembarannya, Toyota Agya. LCGC dari Toyota itu mendapatkan empat bintang untuk AOP dengan poin yang sama seperti Ayla yaitu 12,84 poin.

Sementara untuk COP, Agya lebih baik daripada dua LCGC lainnya. Mobil tersebut mendapatkan empat bintang untuk perlindungan penumpang anak dengan pemenuhan syarat 82 persen.

Sementara pikap Toyota Hilux, mobil tersebut mendapatkan 5 bintang dengan nilai 14,53 poin untuk perlindungan orang dewasa. Sementara untuk perlindungan anak, Hilux mendapatkan empat bintang dengan pemenuhan syarat 71 persen. Sayangnya, varian terendah harus mendapatkan empat bintang karena tidak memiliki Electronic Stability Control.


Latest News