news

26 Mar 2016

Honda Kembangkan Transmisi Kopling Ganda untuk Motor Sport

Honda Kembangkan Transmisi Kopling Ganda untuk Motor Sport

Honda Kembangkan Transmisi Kopling Ganda untuk Motor Sport

Insinyur Honda kini tengah mengembangkan girboks Dual Clutch Transmission (DCT) atau tranmsisi kopling ganda. Transmisi yang sedang dikembangkan itu nantinya akan dipasang ke motor sport.

Dikutip dari Visordown, Jumat (25/3/2016), insinyur Honda DCT, Kosaku Takahashi telah mengonfirmasi hal itu. Saat ini, DCT sudah tersedia di beberapa motor Honda seperti NC750X, Africa Twin dan VFR1200F.

Kini, motor sport seperti CBR600RR belum tersedia pilihan DCT. Namun, di waktu mendatang kemungkinan motor sport itu bakal dilengkapi transmisi DCT.

Hambatan utama penerapan DCT pada motor sport adalah ukuran dan bobotnya. Karena DCT menggunakan dua kopling, motor dengan transmisi itu akan lebih lebar dan lebih berat daripada transmisi manual biasa.

Misalnya pada NC750X dan Africa Twin, kedua motor itu lebih berat 10 kg. Namun, Takahashi menyebut bahwa Honda sedang mencari solusi untuk masalah itu.

Menurut Takahashi, jika Honda mengadu balap antara dua motor dengan transmisi tradisional dan DCT, maka motor dengan DCT akan lebih cepat. Sebab, cara kerja transmisi yang mulus membuat tidak akan ada lagi kehilangan dorongan selama pergantian gigi.

Dia juga mengklaim, motor MotoGP Honda RC213V bakal lebih cepat dengan DCT dengan motor bertransmisi tradisional berat yang sama.


Latest News