news

24 Mar 2016

Honda Kirim Mobil Hidrogen Pertama ke AS

Honda Kirim Mobil Hidrogen Pertama ke AS

Honda Kirim Mobil Hidrogen Pertama ke AS

Honda Kirim Mobil Hidrogen Pertama ke AS

New York -Mobil berbahan hidrogen Honda Clarity Fuel Cell telah sampai Amerika Serikat. Mobil tersebut akan ditampilkan di New York dan dipasarkan di negeri Paman Sam tersebut.

Dilansir Carscoops, Rabu (23/3/2016), serah terima dilakukan oleh Menteri Perekonomian, Perdagangan, dan Industri Jepang, CEO Honda Motor Co., Ltd,Takahiro Hachigo dan Wakil Menteri Perekonomian, Perdagangan, dan Industri, Tsuyoshi Hoshino.

Tsuyoshi mengatakan mobil berbahan hidrogen tersebut merupakan wujud nyata dari Honda untuk menciptakan masyarakat hidrogen.

"Saat saya duduk di kemudi (Honda) Clarity Fuel Cell pertama kalinya hari ini, saya merasa Honda memiliki passion yang kuat untuk mewujudkan masyarakat hidrogen," ujar Tsuyoshi.

Honda Fuel Cell Vehicle mampu menempuh jarak 750 kilometer dengan isi tangki penuh. Waktu pengisian untuk tangki hidrogen tersebut memakan waktu sekitar tiga menit. Harga yang dipasarkan untuk mobil berbahan bakar hidrogen tersebut sekitar Rp 875 juta.

Sedan menawan ini hadir berawal dari kepedulian dan keresahan Honda akan isu-isu pemanasan global dan penipisan bahan bakar fosil. Hingga kemudian, Honda pun meneliti potensi hidrogen sebagai bahan bakar kendaraan di masa depan.

Clarity Fuel Cell mempunyai panjang 4,895 mm, lebar 1,875 mm, dan tinggi 1,475 mm. Hebatnya, pengisian ulang hidrogen diklaim bisa dilakukan dalam waktu 3 menit saja.

Alat yang dipakai untuk mengisi tenaga mobil tersebut, yakni Power Exporter 9000, bersifat portable, jadi bisa dimanfaatkan sebagai sumber tenaga untuk keadaan darurat semisal bencana alam.

Honda Clarity Fuel Cell akan diperkenalkan untuk wilayah Amerika Utara pada 23 Maret 2016 waktu Amerika Serikat.  Mobil tersebut dijual dengan harga $60,000 atau sekitar Rp 790 juta.

detik.com


Latest News