news

15 Feb 2016

Impresi Singkat Mengendarai New Hyundai Santa Fe 2016 Edition

Impresi Singkat Mengendarai New Hyundai Santa Fe 2016 Edition

Impresi Singkat Mengendarai New Hyundai Santa Fe 2016 Edition

Impresi Singkat Mengendarai New Hyundai Santa Fe 2016 Edition

Bekasi - Hyundai Mobil Indonesia (HMI) akan meluncurkan New Santa Fe 2016 Edition pekan depan, tepatnya 18 Februari 2016. Sebelum diluncurkan, detikOto mendapat kesempatan untuk menjajal New Santa Fe pertama kali.

Pihak HMI memberikan kesempatan kepada detikOto dan beberapa media otomotif lain untuk melihat langsung tampilan New Santa Fe 2016 Edition. Ada beberapa pembaruan pada Santa Fe ini baik eksterior, interior maupun fiturnya.

Impresi pertama yang dirasakan detikOto ketika mengendarai Santa Fe 2016 Edition di sekitar pabrik perakitan Hyundai di Pondok Ungu, Bekasi. Bagaimana rasanya? Simak ulasannya berikut.

Impresi Singkat Mengendarai New Hyundai Santa Fe 2016 Edition

1. Eksterior yang Lebih Segar

Pada eksteriornya, Hyundai menyegarkan tampilan depan. Lampu depan kini hadir dengan LED positioning lamp dan HID headlamp. Desain LED DRL & Front fog lamp juga diperbarui.

Grille depan mengalami pembaruan. Grille itu hadir dengan silver bezel, chrome-coated.

Sementara peleknya, untuk tipe RDi (diesel) menggunakan pelek berukuran 19 inci. Sedangkan tipe bensin menggunakan pelek 18 inci.

Di bagian belakang, lampu kombinasi belakang telah berubah dengan teknologi LED. Knalpotnya juga kini lebih sporty dengan dual muffler.

Santa Fe juga ditawarkan dengan 7 pilihan warna. Dari ketujuh warna itu, 3 di antaranya adalah warna baru yaitu Mineral Blue, Chalk Beige dan Tan Brown.

Impresi Singkat Mengendarai New Hyundai Santa Fe 2016 Edition

2. Penyegaran Interior

Hyundai Santa Fe terbaru ini kini memiliki konfigurasi kursi baris kedua split seatback 4:2:4. Jok pengemudi bisa diatur secara elektronik dengan fungsi Lumbar 4 Way. Selain itu, jok baris ketiga bisa dilipat dengan konfigurasi 5:5.

Hyundai Santa Fe 2016 Edition juga memiliki ergonomic center fascia, leather steering wheel with audio remocon & cruise control serta dual zone with climate control. Setir juga bisa disesuaikan berkat fungsi tilt & telescopic.

Tampilan interior Santa Fe ini tampak mewah. Apalagi mobil ini sudah dilengkapi dengan wide panorama sunroof.

Untuk kenyamanan, Hyundai menghadirkan sirkulasi udara Dual Zone with climate control. Ditambah lagi dengan ventilasi AC untuk baris ketiga.

Impresi Singkat Mengendarai New Hyundai Santa Fe 2016 Edition

3. Fitur

Santa Fe terbaru ini dilengkapi dengan Drive Mode. Jadi, pengendara bisa memilih mode berkendara yang bertenaga, irit bahan bakar atau normal.

Selain itu, di bagian depan mobil sudah tertanam empat sensor. Dengan sensor itu, pengemudi akan dibantu ketika ada halangan di depan saat memarkir kendaraan.

Sensor di bagian depan itu akan membaca halangan dari samping, depan, atas dan bawah. Jadi, cakupannya lebih luas.

Sensor tersebut juga bisa dinonaktifkan jika pengemudi kurang nyaman dengan bunyi yang terlalu berisik. Namun, ketika sensor diaktifkan, pada kecepatan di atas 20 km/jam sensor secara otomatis akan mati.

Fitur lainnya termasuk, dual SRS Airbag, Foldable Key with Immobilizer & Burgular Alarm, ABS serta Auto Light Control with Cornering Light.

Impresi Singkat Mengendarai New Hyundai Santa Fe 2016 Edition

4. Sensasi Berkendara

Kali ini detikOto menggunakan Santa Fe 2016 Edition dengan mesin Diesel. SUV ini menggunakan mesin R2.2 CRDi berkapasitas 2.199cc.

Mesin itu tak bekerja sendirian. Paket turbocharger (e-VGT) membantu menambahkan performa mobil tanpa harus mengorbankan efisiensi bahan bakar.

Hasilnya, tenaga SUV ini diklaim bisa mencapai 197 PS pada 3.800 RPM dengan torsi 44,5 kg.m pada 1.800-2.500 RPM.

Tenaga dan torsi itu diteruskan ke dua roda depan melalui transmisi otomatis Shiftronic 6 percepatan. Transmisi itu menggunakan torque converter.

Mesin itu memang masih menggunakan mesin Santa Fe yang lama. Namun, yang baru adalah pada fitur Drive Mode yang memungkinkan pengendara memilih mode berkendara.

Yang membuat detikOto penasaran pada awalnya adalah fitur drive mode-nya. Pertanyaan detikOto sebelum menjajal mobil ini adalah, seberapa besar pengaruh drive mode terhadap performa kendaraan.

Pertama, detikOto menggunakan mode normal. Saat menggunakan mode normal, torsi yang dihasilkan dari mesin 2.200cc ini cukup mumpuni. Tak butuh waktu lama untuk mencapai kecepatan tinggi.

Selanjutnya, detikOto menggunakan mode Eco. Menggunakan mode ini sedikit mempengaruhi tenaga dari mesin. Tenaga terasa sedikit tertahan ketika pedal gas langsung diiinjak. Maklum, mode ini bisa membuat mobil lebih irit bahan bakar.

Terakhir, detikOto menggunakan mode Sport. Ketika menggunakan mode ini, tenaga dan torsi sangat maksimal. detikOto langsung mencoba performa mobil ini menggunakan mode Sport di jalanan yang kosong.

Hasilnya cukup mengagumkan. Mobil langsung melesat ketika pedal gas diinjak dalam-dalam saat menggunakan mode Sport.

SUV ini juga cukup nyaman. Saat digunakan di jalananan bergelombang, suspensi terbilang cukup empuk.

Selain itu, suara mesin diesel hampir tidak terdengar dari dalam kabin. Dengan begitu, kenyamanan berkendara semakin dirasakan.

Impresi Singkat Mengendarai New Hyundai Santa Fe 2016 Edition

5. Kesimpulan

Hyundai New Santa Fe ini memang hanya mengalami pembaruan minor. Sekilas tampak tak ada yang berubah.

Namun setidaknya, pembaruan kecil ini membuat tampilan Santa Fe lebih segar. Dengan desain lampu depan, lampu DRL dan Foglamp, pelek hingga lampu belakang LED sudah cukup mewakili tampilan yang lebih segar.

Interiornya juga nyaman juga tampak mewah. Apalagi, SUV ini sudah memiliki wide panorama sunroof.

Namun, poin minus pada SUV ini yang dirasakan detikOto adalah tidak adanya kunci pintu otomatis. Untuk SUV dengan fitur yang lengkap seperti Santa Fe, kunci pintu otomatis dibutuhkan.

Apalagi, mobil-mobil terbaru saat ini sudah banyak yang dilengkapi kunci otomatis itu. Dengan kunci otomatis, saat mobil dikendarai di atas kecepatan tertentu (biasanya di atas 30 km/jam), pintu akan terkunci secara otomatis. Namun pada Santa Fe terbaru ini belum ada fitur tersebut.


Latest News