news

25 Feb 2016

Ingin Jadi Diler Mobil China Wuling di Indonesia? Ini Syaratnya

Ingin Jadi Diler Mobil China Wuling di Indonesia? Ini Syaratnya

Ingin Jadi Diler Mobil China Wuling di Indonesia? Ini Syaratnya

Pabrikan asal China, SAIC General Motors Wuling Automobile (SGMW) melalui SGMW Indonesia yang memproduksi dan menjual mobil pada pertengahan 2017 mendatang terus mencari mitra sebagai diler. Untuk menjadi distributor produknya, SGMW menetapkan sejumlah syarat. Apa saja?

"Kami memiliki komitmen jangka panjang di Indonesia, dan kami juga siap bersaing dengan pemain lain. Sehingga, calon diler yang kami jaring pun setara dengan (kelas) bintang empat, bintang lima. Tapi siapa-siapa mereka, tidak bisa saya ungkap sekarang. Sedangkan bagi yang ingin ada empat syarat," tutur seorang sumber di SGMW Indonesia, saat ditemui di Liuzhou, Guangxi, China, akhir pekan lalu.

Menurutnya, syarat pertama adalah mereka harus memiliki komitmen jangka panjang. SGMW meminta komitmen tersebut karena pihaknya juga tak sedikit menggelontorkan investasi, yakni US$ 700 juta atau sekitar Rp 9,4 triliun.

Selain itu, calon diler juga harus memiliki pengalaman di bidang otomotif. Pengalaman ini penting mengingat, sebagai pendatang baru, Wuling ingin tancap gas untuk memasuki persaing di pasar yang semakin ketat.

Ketiga, calon diler tersebut juga harus memiliki komitmen investasi. Hal itu penting ditegaskan karena Wuling memiliki prinsip untuk bertumbuh dan berkembang secara bersama-sama dengan prinsip yang saling menguntungkan.

Sedangkan yang keempat adalah profesionalisme. Diler merek ini diminta untuk memiliki sumber daya manusia yang memiliki keahlian dan kecakapan di bidangnya. Hal itu untuk menunjang penjualan produk Wuling yang dibuat dengan dukungan teknologi dan standar produk yang tinggi.

"Menyerap suara dan keinginan konsumen, tentang apa yang mereka inginkan dan butuhkan dan secara cepat memberikan respon adalah hal yang utama. Dan itu telah dibuktikan di China," tutur sumber tersebut.

Menurutnya, saat ini SGMW atau Wuling di China telah memiliki 2.761 toko penjualan dan layanan purna jual. Jumlah tersebut telah mencakup 98 persen kota di seluruh negeri.

Dengan produk yang dikenal dan jaringan layanan penjualan plus layanan purna jual itu, tahun lalu pabrikan ini mampu melego 2 juta unit mobil lebih. Bahkan, dia dinobatkan sebagai pabrikan China pertama yang menembus angka produksi 2 juta unit per tahun.

Varian MPV buatannya – Wuling Hongguang dan Baojun 730 – tahun lalu berhasil menggenggam pangsa pasar hingga 47 persen. Porsi itu menjadikannya MPV terlaris di negara berpenduduk terbesar di dunia tersebut.


Latest News