news

31 Oct 2015

Ini Spesifikasi Honda BR-V Tipe E CVT yang Akan Dipasarkan di Indonesia

Ini Spesifikasi Honda BR-V Tipe E CVT yang Akan Dipasarkan di Indonesia

Ini Spesifikasi Honda BR-V Tipe E CVT yang Akan Dipasarkan di Indonesia

Motegi -Januari 2016, Honda BR-V akan mulai dikirim kepada para pemesannya di Tanah Air. Seperti apa spesifikasi lengkap mobil 7 penumpang ini?

PT Honda Prospect Motor (HPM) mengajak para awak media, termasuk detikOto bertandang ke sirkuit Twin Ring Motegi, Jepang, Selasa (27/10/2015) lalu. Di area test drive, tampak Honda BR-V tipe E CVT yang akan dipasarkan di Tanah Air. Penampilannya ini dipastikan sudah final alias tidak berubah lagi.

Honda BR-V terlihat tangguh dilengkapi solid motion pillar dan ground clereance setinggi 201 mm. Ukuran roof rails-nya besar sehingga memberi kenyamanan sebagai fungsi tambahan.

Lampu depan dan grill depan dirancang pada satu garis menyatu. Sehingga tampilannya tajam dan lebih lebar dengan desain khas Honda Solid Wing Face. LED position headlight dan aero kit hadir dengan tampilan yang lebih lebar.

"Itu untuk memberikan kesan tangguh, sporty, sekaligus premium," kata Direktur Marketing dan Purna Jual PT HPM Jonfis Fandy yang hadir di lokasi.

Di bagian interiornya terlihat layar head unit dan panel AC digital di tengah dashboard. Mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini sudah dilengkapi dengan double blower. Di kemudinya juga terdapat steering switch control untuk mengatur audio dengan leluasa.

Di bagian kaki, dipasang pelek alumunium 16 inci berpalang lima model kipas. Ini merupakan model yang sama dengan Mobilio RS. Tampilannya jadi terlihat makin kokoh dan berkelas.

Honda BR-V diklaim menghadirkan ruang lutut dan kepala yang lebih lapang pada bagian jok baris kedua dan ketiga. Saat dijajal, hal itu memang terbukti. Kursi baris ketiga merupakan jenis 50/50 split yang mudah dilipat sehingga bisa menciptakan ruang bagasi yang lebih luas dan lapang. Hal ini akan jadi keuntungan sendiri jika mobil ini dipakai membawa barang banyak saat belanja, atau bepergian jauh.

AC belakang ditempatkan di antara baris pertama dan kedua. Hal ini dilakukan untuk memperluas aliran udara ke seluruh area, sehingga memberikan kenyamanan kepada semua penumpang dalam mobil.

Honda BR-V mempunyai panjang 4.456 mm, lebar 1.735 mm, dan tinggi 1.666 mm. Tentunya ini lebih panjang dan luas dari Honda Mobilio.

Mobil ini dibekali dengan mesin 4 silinder, 1.5 liter i-VTEC, tenaga 120 ps (88 kw)/6.600 rpm, dan torsi maksimum 145 Nm/4.600 rpm. Mesin mobil diklaim bisa menghasilkan performa seimbang antara kenikmatan berkendara dengan efisiensi bahan bakar, bahkan saat membawa banyak anggota keluarga.

Fitur keselamatan aktif dan pasif juga sudah disematkan pada mobil ini. Fitur itu meliputi Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD), dual and front SRS airbag, front 3-point load limiters dengan pretension ELR seat belt dan isofix.

Bagaimana dengan fitur keselamatan mobil ini?

Mobil telah dilengkapi anti-lock braking sysyem (ABS) dan elektoronic brake distribution (EBD). ABS jelas merupakan fitur pengereman canggih untuk mencegah penguncian roda saat pengereman mendadak. Sedangkan EBD berfungsi mendistribusikan pengereman sesuai dengan beban kendaraan.

Sistem vehicle stability assist (VSA) juga sudah ditanam. Ini untuk mencegah terjadinya tergelincir saat menikung. Sistemnya bekerjasama dengan sistem ABS dan traction control system (TCS) untuk memastikan stabilitas kendaraan di setiap kondisi jalanan.

Hill start assist (HSA) juga terdapat dalam mobil ini. Fungsinya menjaga kendaraan tetap pada posisi diam saat pengemudi memindahkan kaki dari pedal rem ke gas ketika mobil sedang berhenti di jalanan menanjak.

Tiga titik sabuk pengaman terdapat di semua posisi tempat duduk. Sabuk pengaman sudah dilengkapi automatic tensioners, berfungsi membantu meminimalkan potensi cedera dalam tabrakan frontal. Ketika ada benturan, automatic tensioners mengencangkan sabuk pengaman untuk membantu menahan tubuh.

Isofix juga terdapat pada mobil ini. Fungsinya untuk mengunci kursi bayi pada bangku penumpang belakang.

Jonfis mengatakan, 3.500 lebih unit BR-V telah inden sejak awal dimunculkan ke publik. Pengiriman pertama mobil ini akan dilakukan pada Januari 2016 mendatang. Mobil ini tersedia dalam 6 pilihan warna yakni taffeta white, modern steel metalic, crystal black pearl, misty green pearl, lunar silver metallic, serta passion red pearl.

Kisaran harga BR-V ini, lanjut Jonfis, adalah Rp 230-265 juta. Variannya terbagi dalam 3 tipe, yakni S (m/t), E (mt/cvt), serta prestige (cvt).


Latest News