news

24 Feb 2016

Ini Syarat Wuling Kalau Mau Sukses di Indonesia

Ini Syarat Wuling Kalau Mau Sukses di Indonesia

Ini Syarat Wuling Kalau Mau Sukses di Indonesia

Satu pabrikan mobil asal China, Wuling bakal mulai produksi mobil di Indonesia pada tahun depan. Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia membeberkan syarat jika Wuling ingin berhasil dalam penjualan di Indonesia.

Saat ini, SAIC-GM-Wuling Automobile Company Limited (SGMW Indonesia) tengah membangun pabrik pertamanya di Cikarang, Jawa Barat. Pabrik buatan Cikarang akan mengirim kendaraan ke seluruh ASEAN.

Pabrik SGMW Indonesia ini juga diperkirakan akan menciptakan 3.000 lapangan pekerjaan untuk masyarakat setempat serta membuka kesempatan besar untuk rantai industri hulu dan hilir.

Namun satu hal yang penting diingat, citra kendaraan asal China yang selama ini melekat di Indonesia yakni harganya yang murah. Bahkan Sekretaris Umum Gaikindo, Noegardjito mengatakan harga murah belum menjamin produk tersebut akan laris manis di pasaran.

Untuk melepas citra yang telah terbentuk, Noegardjito menjelaskan bahwa Wuling harus memiliki jaringan layanan purna jual yang berkualitas serta memenuhi kebutuhan pelanggan.

"Wuling kan baru bangun pabrik. Tahun depan di pertengahan kalau enggak salah baru mulai produksi. Ya mudah-mudahan bisa meramaikan. Karena kan biasanya kalau merek China lebih murah," ujar Noegardjito, Selasa (23/2/2016).

"Kita lihat produk China lebih murah. Tapi lebih murah belum tentu laku kalau tidak disertai dengan pembangunan jaringan purna jual," ungkapnya.

Meski baru memproduksi mobil MPV perdana pada 2017 mendatang, pihak Wuling menyebutkan telah menyiapkan 35 diler untuk tahap awal yang dibangun di kota-kota Indonesia, mulai dari Nanggroe Aceh Darussalam, Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan oleh Network Develpoment Director SGMW atau Wuling Indonesia, Nathan Sun beberapa waktu lalu.

"Jadi, kami harapkan jaringan penjualan, servis, dan spare part sudah siap sebelum kami benar-benar menjual mobil. Karena ini menyangkut layanan kepada konsumen, dan aspek ini merupakan prioritas kami."

"Ke depannya, kami akan terus mengembangkan diler ke seluruh wilayah. Sebab, komitmen SGMW di Indonesia adalah komitmen bisnis jangka panjang," lanjutnya.

Pabrikan mobil China, SAIC-GM-Wuling mendirikan pabrik di Indonesia dengan nilai investasi $700 juta atau jika dikonversikan Rp 9,7 triliun. Pabrik tersebut akan berlokasi di Deltamas, Cikarang, Jawa Barat dengan area seluas 60 hektar.

Ditargetkan, pabrik mobil Wuling di Indonesia dapat mulai beroperasi pada 2017 dengan kapasitas produksi 150 ribu unit per tahun.

detik.com

detik.com


Latest News